25 radar bogor

Naik Pesat, Peserta Aliya Competition Tembus 1000 Pelajar

Aliya Competition (Aliya.com) oleh Sekolah Islam Terpadu (SIT) Aliya yang kembali tahun ini usai vakum karena pandemi. (Radar Bogor/ Reka Faturachman)

BOGOR-RADAR BOGOR, Sekolah Islam Terpadu (SIT) Aliya kembali menggelar turnamen rutinnya yakni Aliya Competition (Aliya.com) setelah vakum setahun karena pandemi Covid-19.


Helatan di tahun 2023 ini menjadi gelaran Aliya.com yang ke-7. Kompetisi ini berlangsung sejak tanggal 22 Januari lalu dan puncaknya pada Minggu (29/1).

Ketua Panitia, Hakim Amarullah mengungkapkan, sebanyak 1159 pelajar yang berasal dari 61 sekolah berpartisipasi. Jumlah tersebut jauh lebih banyak dibandingkan dengan gelaran sebelumnya yang hanya diikuti 800 peserta.

Hakim menerangkan, pihaknya konsisten menggelar kompetisi tersebut karena ingin mewadahi bakat dan minat para pelajar di Jabodetabek sehingga dapat mencetak banyak prestasi.

“Banyak anak yang punya potensi di sekolahnya masing-masing. Kami ingin mereka tidak hanya jago di kandang, tapi juga di luar kandangnya,” tutur Hakim.

Selain itu, kompetisi juga dilaksanakan sebagai ajang penguat tali silaturahmi antar sekolah yang ada di Jabodetabek. Dengan begitu jalinan persaudaraan akan semakin erat.

Kompetisi tahun ini diisi dengan 12 kategori lomba. Kategori itu terbagi menjadi 3 bidang, yakni akademik, seni dan budaya, dan olahraga.

“Lomba yang dilaksanakan yaitu Spelling Bee, cerdas cermat, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), dai cilik, futsal, tari saman, komputer, baca tulis hitung (Calistung), story telling, cerita bergambar (Cergam), dan semaphore dance,” beber Hakim.

Para pelajar yang berhasil memenangkan lomba kemudian mendapatkan apresiasi berupa piala dan uang pembinaan dengan total puluhan juta rupiah.


Hakim berharap ke depan lebih banyak lagi pelajar yang dapat berpartisipasi dalam Aliya Competition seri selanjutnya yang akan berlangsung tahun 2025 mendatang.(*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto