25 radar bogor

Lanjutkan Tugu Pancakarsa, Anggaran Setengah Miliar untuk Tambah Mahkota

Anak-anak bermain di sekitar Tugu Pancakarsa yang menjadi ikon baru Kabupaten Bogor di Simpang Sirkuit Sentul, Babakan Madang. (Radar Bogor/ Hendi Novian)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor bakal melanjutkan pembangunan Tugu Pancakarsa. Tugu yang berdiri di Simpang Sirkuit Sentul, Babakan Madang ini akan ditambahkan mahkota.


Mahkota tersebut bakal dipasang pada bagian atasnya. Pembangunannya masih akan menggunakan APBD 2023.

“Kita anggarkan Rp500 juta, semoga dapat selesai di tahun ini,” ucap Kepala DPKPP Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Jatnika, Minggu (29/1).

Untuk modelnya, Ajat melanjutkan, akan merujuk pada logo Kabupaten Bogor. Menurutnya, lambang pada logo tersebut merupakan hasil diskusi para sejarawan dan budayawan yang mengedepankan unsur filosofis.

Namun, tidak menutup kemungkinan bakal mendapat sentuhan gaya modern dalam pembangunan mahkota Tugu Pancakarsa.

“Apakah akan dikombinasikan dengan kekinian seperti lighting, atau nanti mahkotanya dibuat berputar, itu nanti kami modifikasi,” jelas Ajat.

Dirinya tidak menampik model tersebut belum final. Dengan mematangkan konsep, pihaknya masih membuka kemungkinan pada penambahan maupun pengurangan dalam proses pembuatan mahkota Tugu Pancakarsa.

“Sementara kita mengambil ide dari logo Prayoga, Tohaga, Sayaga, mungkin akan dikombinasikan dengan ide lain,” tandasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto