25 radar bogor

Hoaks Penculik di Cijeruk Ditangkap Polisi, Ternyata Ini Faktanya

Ilustrasi penculikan anak
Ilustrasi.

CIJERUK-RADAR BOGOR, Warga Kecamatan Cijeruk diramaikan dengan kabar pelaku penculikan yang ditangkap polisi. Kabsr itu beredar di sejumlah media sosial dan grup WhatsApp.


Dalam pesan berantai itu menampilkan sebuah foto seorang wanita tengah berhadapan dengan polisi. Foto tersebut berisi narasi penculik yang ditangkap di Cijeruk.

Radar Bogor pun mengkonfirmasi pesan berantai ditangkapnya penculik ke Mapolsek Cijeruk. Faktanya, tidak ada penangkapan pelaku penculikan oleh pihak kepolisian.

“Terkait adanya beberapa orang yang diamankan di wilayah Cijeruk bukanlah terkait dengan aksi penculikan anak seperti halnya berita ataupun informasi yang beredar luas di masyarakat,” tegas Kapolsek Cijeruk Kompol Hida Tjahjono, Minggu (29/1).

Hilda menjelaskan, foto tersebut merupakan penanganan terhadap Orang dengan gangguan Jiwa (ODGJ) yang marak berkeliaran di Cijeruk. Ia menekankan, ODGJ itulah yang diamankan pihak kepolisian.

ODGJ dikumpulkan di jalanan yang ada di kawasan Cijeruk. Selanjutnya dibawa ke Mapolsek Cijeruk dan diberikan perawatan, seperti dibersihkan dan diberi makan.

“Mereka kami rawat, juga membersihkan diri mereka serta kami berikan pakaian dan makanan yang layak,” tuturnya.

Selain itu, Polsek Cijeruk juga mencari keberadaan keluarganya untuk diserahkan kepada pihak keluarga masing-masing.


“Salah satunya NH, wanita paruh baya ini adalah ODGJ asal daerah Sarang Bango Jakarta Utara yang tersesat sampai ke wilayah Desa Cipicung Kecamatan Cijeruk,” tukasnya. (*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto