25 radar bogor

Beredar Isu Percobaan Penculikan Anak Sekolah di Bogor, Kepsek Diminta Lakukan Ini

Ilustrasi penculikan anak
Ilustrasi.

BOGOR-RADAR BOGOR, Beberapa hari terakhir, para orang tua sedang dicemaskan dengan keselamatan anaknya selama di sekolah. Hal itu lantaran beredarnya isu percobaan penculikan yang menyebar di media sosial.

Menanggapi kondisi ini, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Hanafi mengaku, sudah mendapat laporan mengenai isu percobaan penculikan tersebut. Ia memahami perasaan dan aspek psikologi para orang tua yang khawatir dengan anaknya selama di sekolah.

Hanafi menyebut, akan menindaklanjuti kondisi itu dengan mengeluarkan surat imbauan secara resmi ke seluruh kepala sekolah (Kepsek) di Kota Bogor. Dalam surat itu, ia meminta para kepsek melakukan sejumlah tindak kewaspadaan untuk mencegah adanya penculikan.

Avatar

Baca Juga:

Heboh, Beredar Rekaman Suara Upaya Penculikan Siswa di Bogor

“Nanti akan kami sampaikan, agar para Kepsek atau Wali Kelas untuk aktif berkomunikasi dengan orang tua melalui grup-grup WhatsApp yang sudah mereka miliki,” kata Hanafi saat dihubungi Radar Bogor, Jumat (27/1/2023).

Dirinya juga menekankan, pihak sekolah untuk teliti dengan kendaraan antar jemput siswa. Pihak sekolah mesti memastikan anak-anak yang pulang dengan antar jemput lengkap sebelum berangkat. Terutama bagi sekolah TK dan SD.

Para guru dan pihak sekolah juga diharapkannya, bisa mencegah siswa yang belum dijemput orang tuanya untuk menunggu di luar sekolah. Ia menyarankan agar para siswa tetap berada di lingkungan sekolah hingga orang tua penjemputnya tiba.

“Namun memang ada siswa yang terbiasa pulang sendiri ke rumahnya karena jaraknya dekat. Itu yang mesti diwaspadai oleh para orang tua dan guru,” tegas Hanafi.

Komunikasi antara Kepsek, wali kelas, dan orang tua disebutnya mesti terjalin dengan aktif. Hal itu untuk memastikan para siswa aman ketika berangkat, di sekolah, dan saat pulang.

Sementara itu, Kapolresta Bogor Kota Kombes Bismo Teguh Prakoso mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan panik secara berlebihan terkait isu percobaan penculikan itu. Para orang tua diimbau agar tidak mudah percaya dan memastikan kebenaran isu yang beredar.

Namun, Bismo juga meminta para orang tua untuk tetap waspada dan mengedukasi anaknya agar menghindari kontak dengan orang asing atau tidak dikenal. Hal itu dilakukan agar anak tidak mudsh terpengaruh oleh orang lain.

“Awasi anak saat sedang bermain, jangan menggunakan barang-barang mencolok seperti perhiasan. Segera laporkan kepada pihak keamanan atau kepolisian jika melihat ada ornag mencurigakan melalui telepon Kepolisian 110 atau Hotline 0878-100-100-57,” tutur Bismo. (cr1)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep