Normalisasi Sungai Cibarengkok, Banjir di Perumahan Klapanunggal Berkurang

Banjir di salah satu perumahan Kecamatan Klapanunggal. (Radar Bogor/ Arif Al Fajar)

KLAPANUNGGAL-RADAR BOGOR, Sejumlah perumahan di Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor langganan banjir lintasan. Setiap hujan turun dengan intensitas tinggi, ada ratusan rumah terendam banjir lintasan.


Data dari Kecamatan Megamendung mencatat ada lima perumahan yang kerap terkena banjir lintasan. Yakni, perumahan Griya PMI Asri, Perumahan Pesona Prima Cikahuripan 5, Perumahan Pesona Prima, Perumahan Cileungsi Asri 2 dan Perumahan Kahuripan Mas.

Banjir diakibatkan karena luapan sungai Cibarengkok. Saat hujan dengan intensitas tinggi, air meluap dan membanjiri perumahan yang berada di bawah sungai.

“Dari sungai meluap dan membanjiri perumahan yang ada di daerah lebih rendah dari sungai,” kata Camat Klapanunggal, Ahmad Kosasih, Rabu (25/1).

Kosasih memaparkan, penanganan banjir lintasan masih terus dilakukan. Salah satunya dengan cara melakukan normalisasi Sungai Cibarengkok hingga anak sungai tersebut.

“Dilakukan secara bersama-sama. Alhamdulilah sekarang saat hujan dengan intensitas tinggi sudah mulai berkurang perumahan yang terkena banjir lintasan,” paparnya.

Saat ini, kata dia, penanganan banjir dengan melakukan normalisasi sungai, saat ini sudah jarang terjadi banjir lintasan.


“Dari lima perumahan tersebut, hanya dua yang masih masih terendam banjir lintasan. Itu pun hanya di jalan, tidak sampai ke rumah,” tukasnya. (*)

Reporter: Arif Al Fajar
Editor: Imam Rahmanto

Berita Lainnya