Tutup Akses Jalan, Puluhan Kontraktor Tagih Pembayaran Lapangan Golf

Para pelaksana proyek lapangan golf New Palm Hill menuntut PT Boreco. (Radar Bogor/ Septi Nulawam)

CITEUREUP-RADAR BOGOR, Puluhan pelaksana proyek lapangan golf New Palm Hill menuntut PT Boreco. Pasalnya, mereka menuntut atas hak mereka yang belum dipenuhi atau bayaran atas hasil kerja mereka.


Tuntutan itu diwarnai dengan aksi penutupan akses menuju proyek yang berada di Desa Tajur, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor.

“Kami mewakili kontraktor yang mengerjakan proyek PT Boreco, Palm Hill menuntun hak kami yang sampai saat ini belum direalisasikan pembayarannya,” ucap koordinator aksi, Tedy R.

Menurutnya, banyak dari para kontraktor yang diperdayakan PT Boreco, namun belum dibayarkan. Adapun umur tagihan dari pekerjaan mereka mulai dari 1,5 tahun, 1 tahun, hingga 7 bulan.

Selama waktu tersebut, mereka hanya diminta bekerja membangun lapangan golf. Namun yang diberikan pihak perusahaan pemilik proyek hanya berupa kasbon.

“Nominal yang sudah kita keluarkan, angka sejauh ini kurang lebih Rp15,5 miliar dan masih ada lagi teman-teman yang memasukan kembali invoice, estimasi sekitar Rp20 miliar,” jelasnya.

Akibatnya, banyak kontraktor yang dirugikan. Belum lagi para pekerja yang belum dibayarkan upahnya selama bekerja.

“Kami tidak menuntut apa-apa. Kami hanya ingin PT Boreco menyelesaikan secara rasional dan tidak mencari kambing hitam untuk proses pembayaran ini,” tegas massa aksi.

Kontraktor lainnya, Edo merasa terzalimi oleh pihak perusahaan pemilik proyek. Akibat belum dibayarkan haknya, banyak dari karyawannya yang terdampak.


“Bahkan ada karyawan kami yang bercerai, kabur dari rumah karena tuntutan ekonomi, tidak bisa menyuplai kebutuhan keluarga karena modal kami tersedot oleh PT Boreco, setelah membantu selama ini,” tukasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto

Berita Lainnya