Ratusan Jabatan Pemkab Bogor Kosong, Pekan Depan Bakal Diisi

Wakil Bupati (Wabup) Bogor, Iwan Setiawan melantik Kabupaten Bogor di Ruang Serbaguna 1 Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, beberapa waktu lalu. (Radar Bogor/ Hendi Novian)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan menegaskan akan mengisi sejumlah kekosongan jabatan struktural di lingkup pemerintah daerah.


Rencananya, pengisian jabatan bakal segera dilakukan pada pekan depan atau minggu pertama Februari 2023.

“Bukan rotasi ya, tapi mengisi kekosongan (jabatan), banyak kekosongan di dinas hampir seratus jabatan,” ucap Iwan, Selasa (24/1).

Menurutnya, kekosongan ratusan jabatan pada sejumlah dinas itu akan mempengaruhi kinerja serta pelayanan ke masyarakat. Untuk itu, dirinya memastikan akan segera mengisi kekosongan tersebut dengan pejabat baru melalui mekanisme pengangkatan jabatan.

Di samping itu, pihaknya juga tidak segan mengganti bawahannya dengan pejabat yang baru yang dinilai lebih kompeten di bidang yang ditempatkan.

“Mungkin minggu depan. Kalau eselon II (yang kosong) harus ada asesmen Kemendagri dan open bidding (lelang terbuka),” tukas Iwan.

Sebelumnya, sebanyak puluhan jabatan baik eselon II dan III di pemerintahan Kabupaten Bogor mengalami kekosongan pada tahun 2022. Ditambah, sebanyak 57 ASN memasuki masa pensiun di 2023 ini, termasuk beberapa kepala dinas.


“Ada 6 ASN merupakan pejabat eselon II, 18 ASN eselon III, dan 33 ASN eselon IV,” tutur Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto

Berita Lainnya