KPU Kota Bogor Resmi Lantik 204 Anggota PPS Terpilih

KPU Kota Bogor
Pelantikan 204 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) terpilih oleh KPU Kota Bogor, di SKI Tajur, Kecamatan Bogor Timur pada Selasa, (24/1/2023)

BOGOR-RADAR BOGOR, KPU Kota Bogor melantik 204 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) terpilih di SKI Tajur, Kecamatan Bogor Timur pada Selasa, (24/1/2023). Dalam pelantikan ini, turut hadir sejumlah perwakilan Forkopimda dan Partai Politik yang ada di Kota Bogor.

Ketua KPU Kota Bogor, Samsudin mengatakan, sesuai tahapan KPU RI, bahwa hari ini merupakan tahapan akhir untuk rekrutmen anggota PPS. Sehingga, acara ini merupakan agenda pelantikan serentak yang diselenggarakan KPU Kota/Kabupaten se-Indonesia.

“Ini acara pelantikan serentak. Dan untuk di Kota Bogor ada 68 kelurahan, satu kelurahan dikali tiga (anggota), jadi ada 204 orang yang kami lantik,” kata Samsudin usai pelantikan.

Dijelaskan Samsudin, dalam perekrutan calon anggota PPS ini, jumlah keterwakilan perempuan yang dilantik menjadi anggota PPS ada sebanyak 31,8 persen atau 65 orang.

Menariknya, ada satu kelurahan yang diisi oleh keterwakilan perempuan semua, yakni di Kelurahan Genteng, Kecamatan Bogor Selatan. “Keterwakilan perempuan sudah memenuhi. Bahkan ada satu kelurahan yang anggotanya perempuan semua,” ucap dia.

Diakui Samsudin, dalam perekrutan calon anggota PPS ini pihaknya tidak melihat gender, melainkan lebih ke kemampuan. Sehingga, ketika memang di satu kelurahan itu kualitas yang dianggap baik ada di calon perempuan, maka yang dipilih pun sesuai dengan hasil penilaian.

“Kami tidak melihat gender, tapi melihat kepada kemampuan. Ada yang ditetapkan di satu kelurahan tiga-tiganya perempuan, ada juga yang dua perempuannya, ada juga yang satu, tapi ada juga yang di kelurahan itu tiga-tiganya laki-laki,” imbuh dia.

Sementara, ditambahkan Samsudin, adapun agenda terdekat para anggota PPS terpilih yakni merekrut, menetapkan dan membentuk Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih) yang dimulai sejak 25 Januari hingga 5 Februari 2023.

“Nanti tanggal 6 nya ditetapkan, dan tanggal 7 nya Pantarlih sudah bekerja di lapangan untuk memuktahirkan data pemilih,” ungkap dia. “Satu Pantarlih satu TPS. Perkiraan kami jumlah Pantarlih Kota Bogor itu ada 3.602 orang,” ujar Samsudin.

Adapun pemilihan dilakukan berdasarkan pengumuman yang dikeluarkan KPU Kota Bogor dengan nomor: 5/PP.04.1-Pu/3271/2023 tentang penetapan hasil wawancara calon anggota PPS untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, yang berlangsung pada Sabtu, 21 Januari 2023.

Dijelaskan Samsudin, sebenarnya dalam tes wawancara yang sudah dilakukan, ada sebanyak 394 peserta yang dinyatakan lolos dalam pencalonan ini.

Akan tetapi, karena kebutuhan yang diperlukan hanya sebanyak tiga orang di masing-masing kelurahan, sehingga hanya 204 anggota PPS terpilih yang akan dilakukan pelantikan.

“Jadi hanya mereka yang masuk urutan ke 1-3 saja yang dilantik. Untuk urutan 4-6 masuknya sebagai calon PAW (menggantikan anggota PPS terpilih apabila terlibat masalah sesuai daftar terlampir),” ucap dia. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep

Berita Lainnya