25 radar bogor

Terduga Teroris Jaringan ISIS Diamankan di Sleman, Bersiap Lancarkan Aksi Teror

Ilustrasi Bareskrim minta bantuan Densus 88 buru Dito Mahendra.
Ilustrasi Bareskrim minta bantuan Densus 88 buru Dito Mahendra.

SLEMAN-RADAR BOGOR, Tim Densus 88 Mabes Polri, mengamankan satu terduga teroris jaringan ISIS di Sleman, Yogyakarta, pada Minggu(22/1/2023) pagi.

“Penangkapan terhadap satu orang target tindak pidana terorisme berinisial AW (39),” kata Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan, dalam keterangannya, Senin (23/1/2023).

Brigjen Ramadhan mengungkapkan, terduga teroris AW merupakan simpatisan ISIS yang aktif mengunggah gambar dan video propaganda jaringan terorisme itu di media sosial.

Avatar

Baca Juga:

Al-Qur’an Dibakar di Swedia, Indonesia Mengutuk Keras

“Selain itu terduga juga menyebarkan seruan provokatif untuk melakukan aksi teror, serta AW diduga akan atau ingin melancarkan aksi teror dengan menggunakan bahan peledak,” ujar dia.

Sebelumnya, Tim Densus 88 Anti Teror Polri, menangkap tiga terduga teroris ditiga wilayah berbeda. Penangkapan ketiganya disertai dengan penggeledahan.

“Iya benar ada penangkapan,” ungkap Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Jumat (20/1/2023).

Ketiga terduga teroris itu terindikasi jaringan NII, mereka masing-masing berinisial AS, ARH, dan SN. Ketiganya ditangkap di wilayah yang berbeda, seperti AS ditangkap di Jakarta Utara, ARG di Jakarta Selatan, dan SN di Tangerang Selatan.

“ARH dan SN adalah DPO penangkapan Maret 2021 kelompok FPI Condet yg berencana melakukan pembuatan bom dan akan digunakan dalam aksi teror, namun berhasil digagalkan pada tahun 2021,” lanjutnya. (net/dis)

Editor : Yosep