25 radar bogor

Mobil Pribadi Dilarang Konsumsi Pertalite dan Solar Lebih dari 20 Liter

Ilustrasi BBM pertalite
Ilustrasi BBM pertalite

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pembatasan konsumsi BBM bersubsidi, Pertalite dan Solar untuk mobil pribadi, terus dilakukan Pertamina. Saat ini, Pertamina memberlakukan pembelian BBM Pertalite dan Solar tak lebih dari 20 liter.

Dikutip dari laman MyPertamina, Pertamina sedang gencar memperkenalkan program ‘Subsidi Tepat’. Program itu dikhususkan untuk penyaluran BBM Pertalite dan Solar bagi pemilik mobil tertentu.

Sehingga dalam hal ini, Pertamina memberlakukan syarat dan ketentuan pembelian Pertalite dan Solar. Yaitu, konsumsi Pertalite dan Solar untuk mobil pribadi tak lebih dari 20 liter per hari, bagi yang belum terdaftar di MyPertamina. Pembatasan itu berlaku di seluruh 71 kota/kabupaten Indonesia.

Avatar

Baca Juga:

Harga BBM Shell Super Susul Pertamax, Turun jadi Rp 13.030 Per Liter

“Nah, untuk kamu konsumen non register, sekarang ada ketentuan baru nih! Batas maksimal pengisian BBM ada di 20 liter per hari, yaa!” tulis akun Instagram @ptpertaminapatraniaga, dikutip Jumat (20/1/2023).

Lantas bagaimana pemilik mobil pribadi yang sudah mendaftar di MyPertamina? untuk mobil pribadi yang sudah terdaftar di MyPertamina, konsumsi BBM Pertalite dan Solar dapat ditambah menjadi 60 liter per hari dari 20 liter per hari.

Hal ini dibenarkan oleh Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting. Irto mengatakan, kendaraan atau mobil pribadi yang sudah didaftarkan di MyPertamina, tetap dibatasi konsumsi BBM Subsidinya. Namun, jumlahnya menjadi lebih banyak dari 20 liter per hari menjadi 60 liter per hari.

Sementara, pendaftaran ini bisa dilakukan secara online maupun offline. “Pendaftaran ini bisa dilakukan secara online melalui website yang bisa dibuka dari HP/Komputer, maupun pendaftaran secara offline dengan mendatangi booth pendaftaran di area-area yang sudah ditentukan,” tulis Pertamina.

Nah, bagi pemilik mobil pribadi yang mendaftarkan kendaraannya secara online, berikut caranya :

  1. Buka situs MyPertamina
  2. Lalu Klik Kanal “SUBSIDI TEPAT”
  3. Klik “Pendaftaran”, yang selanjutnya akan dialihkan ke microsite khusus pendataan.
  4. Centang pada bagian “Saya telah memahami penjelasan BBM Subsidi, bla, bla.”
  5. Lalu klik bagian “Belum memiliki akun? Daftar Sekarang”
  6. Selanjutnya ikuti instruksi sesuai petunjuk Pendaftaran
  7. Setelah itu tunggu pencocokan data maksimal 14 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala.
  8. Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina

(net/dis)

Editor : Yosep