25 radar bogor

Situ Gede Diresmikan, Ridwan Kamil Minta Bima Arya Dongkrak Wisata

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjajal perahu kano di kawasan wisata Situ Gede, Kota Boogor, yang baru diresmikannya, Kamis (19/1). (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meresmikan destinasi wisata Situ Gede di Kota Bogor, Kamis (19/1). Wajah baru kawasan seluas 4,2 hektare itu kian kental dengan nuansa eksotis sebagai bentuk pengembangan ekowisata.


Ridwan Kamil mengatakan, destinasi wisata itu direvitalisasi dengan anggaran sebesar Rp7 miliar. Tujuannya untuk peningkatan ekonomi wisata.

Menurutnya, setelah direvitalisasi, kini Situ Gede berwajah baru. Danau yang berada di kawasan hutan lindung itu semakin potensial menarik wisatawan dengan berbagai sarana rekreasi yang tersedia. Mulai dari wahana air, jogging track, dan tempat istirahat hingga warung-warung kuliner yang tersedia di sekitar danau.

“Ke depan bisa ditambah sesuai kebutuhan tempat ini istimewa, dan tentunya diharapkan menjadi daya tarik, karena orang ke Kota Bogor pasti niatnya kuliner dan pariwisata. Saya kira tidak banyak kota di Jawa Barat yang padat memiliki danau yang istimewa ini,” puji lelaki yang akrab disapa Kang Emil ini.

Menurut dia, banyak situ atau danau di Jawa Barat yang mesti didorong potensinya. Ia berharap, Situ Gede dapat memberikan kemaslahatan untuk masyarakat.

Ia sekaligus berpesan kepada Wali Kota Bogor untuk memberdayakan sekaligus mendongkrak potensi wisata yang ada di Situ Gede.

“Titip ke pak wali, aktivasi, ramaikan kegiatan Agustusan, Cap Go Meh apa yang berhubungan dengan air perahu naga dan lainnya. Saya kira akan menjadi keunikan Kota Bogor yang luar biasa berbasis air,” imbuh politikus Golkar ini.

Tak lupa, Ridwan Kamil meminta warga menjaga kebersihan dan ketertiban.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi Jabar, Dicky Ahmad Sidik menambahkan, dengan penataan yang dilakukan, Pemprov Jabar meyakini kawasan tersebut bisa meningkatkan jumlah wisatawan berkunjung. Sebab, lokasi Situ Gede dekat dengan kawasan perkotaan, kawasan pendidikan seperti IPB University, dan aksesnya juga mudah dijangkau.

Situ Gede merupakan interkoneksi dari situ-situ sekitarnya yang berada di Kelurahan Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat. Di antaranya Situ Leutik, Situ Panjang, dan Situ Burung sehingga pengembangan kawasan Situ Gede merupakan upaya Konservasi Sumber Daya Air dan pengendali banjir.

Avatar

Baca Juga:

Pembangunan Jalur Tambang Tak Jelas, Warga Minta Pemprov Tegas


Adapun ruang lingkup pekerjaan tahun anggaran 2021 di tempat ini meliputi, pekerjaan persiapan, area parkir, pedestrian, plaza, jogging track, gerbang, landscape, selter, toilet, mushala, selfie spot, Bidang Sumber Daya Air (Perbaikan Tanggul Situ dan Pengerukan/ Normalisasi Situ Gede).(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto