25 radar bogor

Sisir Kawasan Suryakencana, Satpol PP Tertibkan Tunawisma

Suryakencana
Penertiban tunawisma di pedestrian kawasan Suryakencana oleh petugas Satpol PP.

BOGOR-RADAR BOGOR, Jajaran Satpol PP Kota Bogor, menyisir Kawasan Suryakencana, Kecamatan Bogor Tengah pada Rabu (18/1/2023) malam. Mereka menertibkan sejumlah pedagang dan gelandangan yang tidur di sepanjang jalur pedestrian.

Kepala Satpol PP Kota Bogor, Agustian Syach menjelaskan, hal itu dilakukan pihakanya untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan kota. “Utamanya kami tertibkan gelandangan dan pedagang yang menempati pedestrian. Karena kami ingin kota ini rapi,” ucapnya kepada Radar Bogor.

Agus mengakui, pihaknya acap mendapat laporan masyarakat yang terganggu dengan keberadaan para tunawisma di pedestrian Suryakencana tersebut.

Baca Juga:

 Dua Anggota Polisi Tewas Tersambar KRL di Kebon Pedes

“Memang pasca PPKM dicabut, gelandangan dan orang yang nongkrong lebih banyak, makanya kami lakukan penyisiran untuk menjaga ketertiban. Kami tidak mau ada gelandangan yang tidur di trotoar,” tegasnya.

Menurutnya, kawasan Suryakencana penting untuk ditertibkan, karena wilayah tersebut berada di Kecamatan Bogor Tengah dan menjadi etalase Kota Bogor. “Makanya kami pastikan warga tidak melakukan aktivitas yang mengganggu ketertiban kota,” jelas Agus.

Ia mengungkapkan, tunawisma yang diterbitkan bukan hanya berasal dari Kota Bogor namun juga daerah Cianjur. Selanjutnya mereka dibawa ke Dinas Sosial (Dinsos).

“Kami berkoordinasi dengan Dinsos untuk menganalisa daerah asalnya. Beberapa mengaku warga Cianjur dan akan dipulangkan ke sana. Sedangkan bagi mereka yang warga Kota Bogor akan kami komunikasikan dengan lurah dan camat untuk menjemput mereka,” ujar Agus. (cr1)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep