25 radar bogor

Rudy Susmanto Siap Calonkan Diri Jadi Bupati Bogor

Rudy susmanto
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto. (Radar Bogor/ Hendi Novian)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto siap bertarung dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati Bogor 2024 mendatang. Dirinya menyerahkan keputusannya itu sepenuhnya kepada partainya, Gerindra.


“Prinsipnya siapa pun yang akan diusung oleh partai di pilkada, saya pasti akan dukung. Kalau Pak Iwan (Plt Bupati Bogor) yang diusung saya dukung, tapi kalau partai memerintahkan saya, tentu saya akan berjuang lebih maksimal,” ujar Rudy Susmanto, Kamis (19/1).

Sebagai kader partai, dirinya menegaskan akan mematuhi apapun keputusan partai. Termasuk siapa figur-figur yang akan diusung partai untuk maju dalam perhelatan pilkada.

“Saya ini kader partai, jadi kalau partai memberikan instruksi akan saya laksanakan. Pertanyaannya apakah saya siap? Jawabannya saya sangat siap,” kata Rudy.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPD Partai Gerindra tersebut mengaku telah banyak mengenali persoalan-persoalan yang ada di Bumi Tegar Beriman. Terlebih sudah lebih dari tiga tahun menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Bogor.

Jika dipercayakan masyarakat menjadi bupati, dia berjanji akan berusaha semaksimal mungkin menuntaskan persoalan tersebut.

“Program dan strateginya apa dan bagaimana, nanti saya sampaikan kalau saya sudah jadi calon bupati,” kata dia.

Dia menilai, apa yang pernah dilakukan para pemimpin Kabupaten Bogor sebelumnya sudah cukup baik. Mereka, kata Rudy, sudah melakukan berbagai hal terbaik yang dibutuhkan sesuai dengan situasi dan kondisi di jamannya masing-masing.

Rudy mengaku sangat menaruh rasa hormat kepada para pendahulunya baik figur politisi, birokrat, maupun elemen masyarakat lainnya yang telah berkontribusi membangun Kabupaten Bogor.

“Kalaupun ada perbedaan konsep, beda pandangan, saya yakin semua didasari itikad baik untuk membangun Kabupaten Bogor menjadi lebih baik,” jelasnya.

Untuk diketahui, Pilkada Kabupaten Bogor akan digelar pada November 2024 mendatang. Adapun, periode Bupati dan Wakil Bupati Bogor 2013-2018 akan berakhir pada akhir Desember tahun ini.

Saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih fokus pada tahapan Pileg dan Pilpres yang rencananya digelar pada Februari 2024.


Selain Rudy Susmanto, sejumlah kandidat lain juga dikabarkan bakal maju pada Pilkada Kabupaten Bogor 2024.

Antara lain Iwan Setiawan, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Bogor yang saat ini menjabat sebagai Plt Bupati Bogor dan Ade Ruhandi, Wakil Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, yang juga pernah ikut kontestasi Pilkada Kabupaten Bogor pada 2018 yang lalu.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto