Resmi, Muhammadiyah Luncurkan Universitas Baru di Kabupaten Bogor

Peluncuran Universitas Muhamamdiyah Bogor Raya di Jalan Raya Tegar Beriman, Rabu (18/1).

BOGOR-RADAR BOGOR, Universitas Muhammadiyah Bogor Raya (Umbara) secara resmi diluncurkan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, Rabu (18/1).


Umbara menjadi universitas hasil dari gabungan Akademi Kebidanan (Akbid) Tri Dharma Husada Bandung dan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Bogor.

Universitas anyar ini memiliki program studi antara lain Administrasi Pendidikan Program Sarjana, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Program Sarjana, Pendidikan Bahasa Inggris Program Sarjana, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Program Sarjana, Kebidanan Program Diploma Tiga, Ilmu Komputer Program Sarjana, Gizi Program Sarjana, dan Sains Aktuaria Program Sarjana.

Rektor Umbara, Edi Sukardi mengatakan, Muhammadiyah sudah masuk ke Bogor Raya sejak sebelum kemerdekaan Indonesia. Sejak awal, Muhammadiyah hadir membawa pembaruan di berbagai bidang, khususnya pendidikan.

“Mudah-mudahan UMBARA menjadi induk dari segala kebaikan,” harapnya, dikutip dari laman resmi Muhammadiyah, Kamis (19/1).

Edi Sukardi juga berharap dukungan untuk menyongsong masa depan Umbara, termasuk dari warga sampai Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah

“Kita luncurkan nama Umbara secara resmi setelah mendapat SK dari Kemendikbudristek. Kita juga tidak lupa atas bantuan yang diberikan oleh Majelis Diktilitbang Muhammadiyah,” ungkapnya.

Launching ini juga sebagai tanda dari pembangunan Umbara yang berada di Jalan Lingkar Leuwiliang Kabupaten Bogor. Selain itu, acara juga dirangkaikan penandatanganan MoU Umbara dengan Cina Link Education, UHAMKA, KB Bukopin Syariah, BPRS Amanah Ummah, Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1 Provinsi Jabar, dan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bogor, Mohammad Ghofar menuturkan, hadirnya Umbara merupakan wujud dari pengabdian Muhammadiyah dalam memberikan pelayanan yang inklusif.


Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan juga memberikan selamat atas resminya Umbara. Diharapkan menjadi lembaga pendidikan yang mampu meningkatkan minat masyarakat dalam melanjutkan pendidikan tinggi. Sebab, menurutnya, Indonesia masih minim masyarakat yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.(*/mam)

Berita Lainnya