25 radar bogor

Kepemimpinannya Bakal Berakhir, Bima Titip Pesan ke Kecamatan Bogor Barat

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto dalam musrenbang Kecamatan Bogor Barat. (Radar Bogor/ Reka Faturachman)

BOGOR-RADAR BOGOR, Kecamatan Bogor Barat menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di RH Farm, Kelurahan Situ Gede pada Kamis (19/1). Musrenbang ini menjadi yang terakhir di masa kepemimpinan Bima Arya dan Dedie Rachim.


Di kesempatan terakhirnya, Bima menitipkan sejumlah pesan bagi Pejabat dan masyarakat Kecamatan Bogor Barat.

Pertama, Bima berpesan agar desain Kantor Kelurahan Situ Gede mesti selaras dengan konsep revitalisasi Situ Gede. Karena menurutnya, Situ Gede memiliki prospek destinasi wisata terbaik di Kota Bogor.

“Harus nyunda dan jadi pusat bagi UMKM. Sehingga ketika orang melihat itu bakal merasa tidak nyangka kalau itu Kantor Kelurahan. Jadi nuansanya harus beda,” ucapnya.

Bima menekankan, dirinya akan memeriksa sendiri secara mendetail terkait dengan desain proyek tersebut. Ia berharap proses pembebasan Kantor Kelurahan dapay berlangsung mudah dan cepat.

Kedua, dirinya berpesan kepada camat dan lurah untuk membangun sistem pengelolaan dan pengembangan Situ Gede dengan baik. Bima menegaskan untuk tidak ada perebutan dan konflik dalam pengelolaan destinasi wisata tersebut.

“Harus jelas siapa panglimanya dan mesti melibatkan warga. Kelurahan Situ Gede harus jadi kelurahan yang maju dan sejahtera,” tuturnya.

Terakhir, Bima berpesan agar Kecamatan Bogor Barat menjaga modal solidaritas dan potensi alam serta prestasi yang telah diraih sepanjang tahun 2022 lalu.

Camat Bogor Barat, Abdul Rahman pihaknya mengajukan sejumlah usulan di Musrenbang tersebut untuk tahun 2024. Dalam usulan prioritas, ia menyampaikan 4 usulan di bidang pemerintahan, 91 usulan fisik, dan 24 usulan di bidang sosial budaya.

“Misalnya, pembangunan perbaikan saluran air, pembuatan Tembok Penahan Tanah (TPT), pembangunan jalan, dan septic tank. Dinas PUPR menganggarkan per kelurahan sebesar Rp75 juta untuk pembangunan septic tank komunal,” jelas Abdul.

Rencana tersebut disiapkan untuk mengentaskan masalah wilayah-wilayah yang termasuk pada zona bencana dan juga menyelesaikan persoalan Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Avatar


Pihaknya juga bakal melancarkan program Rabu Makan Tempe (Rante) dan Senin Makan Endog atau Telur (Sendog) sebagai solusi masalah stunting pada anak. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto