25 radar bogor

Jambu Dua Dipermak jadi Pasar Pangan, Begini Strategi Ramai Pembeli

Ilustrasi pedagang di Pasar Jambu Dua. Harga minta goreng di pasaran dikeluhkan warga.
Ilustrasi pedagang di Pasar Jambu Dua. Harga minta goreng di pasaran dikeluhkan warga.

BOGOR-RADAR BOGOR, Pasar Jambu Dua bakal diubah menjadi Pasar Pangan terbesar di Kota Bogor. Hanya pedagang-pedagang bahan pangan yang boleh berjualan di sana.


Meski konsepnya dibatasi, Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) optimistis bisa mendatangkan banyak pembeli ke kawasan itu. Lantaran dalam revitalisasi itu pihaknya tidak hanya sebatas memindahkan pedagang ke dalam pasar.

Direktur Utama (Dirut) Perumda PPJ, Muzakkir menjelaskan, akan membuatkan beberapa strategi sehingga menyuguhkan tampilan yang akan membuat pembeli mau datang ke Pasar Jambu Dua.

Di antaranya, memastikan kendaraan yang melintas di Pasar Jambu Dua harus mengelilingi terlebih dahulu bangunan pasar. Akses jalan akan dilebarkan seluas 15 meter.

“Kemudian, ada juga opsi membuat dua arah jalan di sekitar Pasar Jambu Dua. Serta memasukkan trayek angkot baru dan Biskita Transpakuan,” tambahnya.

Sementara untuk tampilan, nantinya Pasar Jambu Dua akan dibuatkan taman. Hal itu juga didukung dengan pembersihan dan penataan di aliran Sungai Ciliwung.

“Jadi perubahan ini bukan hanya dari pedagangnya, tapi nanti ada modifikasi trayek juga. Kita bicara satu kesatuan, agar pasar ini hidup dan Dishub yang lebih tahu tentang jalur-jalurnya,” paparnya.


“Kita pikirkan sampai sana dan lakukan perubahan, karena kalau tidak, gak akan hidup juga pasar ini. Kemungkinan-kemungkinan itu sudah ada dan kita sudah bicarakan dengan jajaran OPD lain,” tutup Muzakkir.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto