25 radar bogor

Sambut Imlek, Klenteng Phan Ko Bio Bagikan Ratusan Porsi Jajanan Gratis

Pengelola Klenteng Phan Ko Bio, Babakan Pasar mempersiapkan perayaan menyambut Tahun Baru Imlek, Selasa (17/1). (Radar Bogor/ Reka Faturachman)

BOGOR-RADAR BOGOR, Menyambut tahun baru Imlek 2574 Klenteng Phan Ko Bio akan kembali menggelar jajanan gratis untuk warga sekitar Pulo Geulis, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah.


Pengurus Klenteng, Candra Kusuma menjelaskan kegiatan membagikan jajanan gratis ini sudah menjadi kebiasaan setiap tahun. Namun sempat terhenti selama 2 tahun akibat pandemi Covid-19.

“Ini jadi momen perdana pasca pandemi. Makanan-makanan itu nantinya akan dibagikan pada malam tahun baru Imlek,” ujarnya saat ditemui Radar Bogor, Selasa (17/1).

Berbagai jajanan yang bakal disuguhkan antara lain satu gerobak bubur ayam, mie bakso, cakwe, gorengan, dan sebagainya. Candra mengatakan, setiap pihaknya menyediakan 100 porsi setiap jenis makanan. Total ada 700 porsi yang bakal dibagikan.

Menyambut Imlek, pihak Klenteng Phan Ko Bio juga melakukan sejumlah persiapan seperti bersih-bersih Klenteng. Candra bersama pengurus lain juga memandikan dan merapikam semua patung atau rupang yang ada di sana.

“Kami juga mengganti kain-kain merah yang digunakan sebagai dekorasi pada klenteng ini dan mengayak abu bekas dupa,” imbuh dia.

Ia mengungkapkan setiap perayaan Imlek, klenteng yang sudsh berusia ratusan tahun itu biasanya didatangi puluhan orang yang ingin beribadah. Mereka tak hanya datang dari Kota dan Kabupaten Bogor saja, namun juga kota lain seperti Tangerang dan Bekasi.


“Kami tidak bisa memprediksi seberaap banyak di tahun ini. Karena ini sifatnya klenteng, secara tradisi mereka melakukan ibadah secara perorangan. Biasanya mulai pada pukul 18.00 hingga mendekati pukul 24.00. Mereka datang untuk bersembahyang kepada dewanya,” tutup Candra. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto