25 radar bogor

Mengenal Dancesport, Gerakan Dansa Pelajar SMPN 1 Ciawi yang Viral

Para atlet dancesport bersaing dalam Kejurnas. (Instagram @iodiofficial)

BOGOR-RADAR BOGOR, Dancesport mungkin kurang familiar di telinga masyarakat awam. Namun, istilah itu kemudian mulai sering muncul setelah viral aksi sepasang pelajar dari SMPN 1 Ciawi, hingga mendapat dukungan dari artis internasional Agnez Mo.


Lantas, apa itu dancesport? Apakah sama dengan dansa?

Dikutip dari Dancesport ID, dancesport adalah dansa berpasangan yang dipertandingkan dan dilakukan di sebuah aula atau lebih dikenal dengan sebutan competitive ballroom dancing.

Menurut World Dance Sport Federation (WDSF), dancesport merupakan aktivitas yang menggabungkan tarian dan olahraga yang dapat meningkatkan kualitas fisik dan mental, membangun hubungan sosial serta mendapatkan hasil dari kompetisi pada semua level.

Dancesport memadukan antara gerakan tari dengan penguasaan teknik dan stamina fisik. Bahkan, pedansa dituntut untuk tetap bergerak dengan tersenyum. Hasilnya, sebuah pertunjukan artistik dan serasi dengan musik pengiringnya.

Prinsip dasar dancesport dikatakan tidak jauh berbeda dari senam ritmik atau bahkan olahraga bela diri seperti pencak silat. Namun, sebagai suatu cabang olahraga, dansa juga membutuhkan keterampilan fisik, ketepatan teknik, stamina yang kuat, dan kekuatan mental yang baik.

Gaya dansa dalam dancesport juga dibagi menjadi dua yaitu International style dan American style. Indonesia kebanyakan menerapkan International Style Latin.

Beberapa jenis dan nomor pertandingan dancesport mulai dari Cha Cha Cha, Samba, Rumba, Paso Doble, Jive, Slow Waltz, Tango, Viennese Waltz, Slow Foxtrot, dan Quickstep. Bahkan, tarian Hip Hop dan Breaking (break dance) juga masuk dalam nomor yang dipertandingkan.

Di Indonesia sendiri, dancesport dinaungi organisasi resmi cabang olahraga (cabor) di bawah KONI, yakni Ikatan Olahraga Dancesport Indonesia (IODI).

IODI Kabupaten Bogor diketuai oleh Doris Sundari. Sedangkan, IODI Kota Bogor dinakhodai oleh Salmah Ali Ubaidi.

Cabor dancesport juga dipertandingkan dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat 2022. Kabupaten Bogor maupun Kota Bogor mengirimkan sejumlah atlet dancesport dalam ajang prestasi tersebut.

Kabupaten Bogor menjadi juara umum dari pertandingan cabor tersebut dengan membawa pulang 4 medali emas. Medali-medali emas itu juga ikut disumbangkan pasangan Keysha Aditia Putra Winardi dan Devina Anindita.


Kedua atlet inilah yang sempat viral saat menunjukkan keahliannya di depan teman-teman dan gurunya di SMPN 1 Ciawi. Alhasil, aksi dansa energik keduanya menjadi perbincangan di dunia maya.(*/mam)