25 radar bogor

Subuh-subuh, Anggota TNI Serbu Masjid di Ciawi, Tujuannya Begini

Para personel TNI dari Koramil Ciawi melaksanakan Safari Subuh di Masjid Jami Al Istiqomah, Senin (16/1). (Radar Bogor/ Arif Al Fajar)

CIAWI-RADAR BOGOR, Dewasa ini jemaah salat subuh di masjid didominasi para pria dewasa dan lansia. Remaja dan pemuda mulai jarang dijumpai.


Hal inilah yang mendorong Koramil Ciawi melakukan safari subuh. Keliling masjid, mengajak para generasi muda kembali memakmurkan masjid.

Senin subuh (16/1), anggota Koramil Ciawi datang ke Masjid Jami Al Istiqomah di kampung karakal RT 01/06 desa Jambuluwuk Kecamatan Ciawi. Para anggota TNI itu berbaur dengan jemaah masjid untuk melaksanakan salat subuh, zikir, doa bersama, hingga ceramah singkat.

Menurut Danramil Ciawi Mayor Arm Sutrisno, Masjid Jami merupakan masjid keenam yang disambangi Anggota TNI dari Koramil Ciawi pada kegiatan Safari Subuh. Kegiatan itu telah berlangsung selama dua bulan.

“Ini sebagai upaya untuk pemuda dan remaja kembali memakmurkan masjid,” paparnya kepada Radar Bogor.

Menurutnya, masjid kini cenderung sepi oleh para pemuda dan remaja. Kebanyakan, jemaah masjid yang disambangi Koramil Ciawi berusia dewasa hingga lanjut usia.

Selain itu, Koramil Ciawi juga membagikan lima mushaf Alquran kepada setiap masjid yang disambanginya.

Safari Subuh Koramil Ciawi ini dijadwalkan akan terus menyasar semua masjid yang ada di Kecamatan Ciawi dan Kecamatan Caringin.


“Masjid di Ciawi dan Caringin ada 73 masjid. Insyaallah semua akan kita datangi,” tukasnya. (*)

Reporter: Arif Al Fajar
Editor: Imam Rahmanto