25 radar bogor

Pusat Pemerintahan Kota Bogor Pindah, Bima: Presiden Sudah Setuju

Wali KotaBogor Bima Arya dalam musrenbang Kecamatan Bogor Timur, Senin (16/1). (Radar Bogor/ Reka Faturachman)

BOGOR-RADAR BOGOR, Rencana kepindahan Pusat Pemerintahan Kota Bogor ke Kelurahan Katulampa kembali mencuat. Hal itu disebutkan Bima Arya di Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Bogor Timur, Senin (16/1).


Bima mengatakan, proses pembangunan dapat berlangsung pada tahun ini maupun tahun 2024 mendatang. Ia mengungkapkan Presiden Joko Widodo telah menyetujui rencana tersebut.

“Saya sudah menghadap ke Presiden bicara empat mata, mempresentasikan rencana pemindahan pusat pemerintahan Kota Bogor. Sudah positif, beliau menyetujui. Mungkin tahun ini atau tahun depan,” ujar Bima kepada Radar Bogor.

Sebuah lahan seluas 6 hektare disiapkan untuk proyek tersebut. Dirinya juga mengungkapkan, Pemkot Bogor sudah memiliki desain pusat pemerintahan yang baru.

Meski begitu, tampaknya proyek ini masih memerlukan waktu. Sebab, pembiayaannya bergantung pada anggaran yang dikeluarkan pemerintah pusat.

“Ini tidak mungkin dibiayai oleh APBD. Karena tidak akan cukup, makanya butuh bantuan dari Kementerian. Waktunya masih akan menyesuaikan banyak hal,” ujar Bima.

Ia berharap proyek tersebut berjalan lancar tanpa ada koreksi, persoalan, maupun dampak dari Ibu Kota Nusantara (IKN). Karena menurut dia pemindahan pusat pemerintahan akan membawa akselerasi pada wilayah Kecamatan Bogor Timur.


“Namun sepertinya tahun ini belum terwujud, kecuali ada keajaiban dari pusat. Mungkin saja muncul pertegahan tahun 2023. Tapi kalau tidak ada, kami titipkan ke pejabat wali kota di 2024 mendatang yang mungkin akan meneruskan itu,” tutup dia. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto