25 radar bogor

Pemkot Siap Lelang Pengelolaan Tiga Lapangan Bola di Kota Bogor

Warga bersantai di kawasan Gelanggang Olahraga Masyarakat (GOM) Bogor Selatan. (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dalam waktu dekat akan melelang pengelolaan tiga lapangan bola yang baru pada tahun 2023 ini. Pemenang lelang itu akan mengelola penyewaan Gelanggang Olahraga Masyarakat (GOM) yang telah dibangun.


Para pemenang lelang ditentukan melalui proses beauty contest. Mereka bakal mengelola lapangan bola atau mini soccer yang tersebar di tiga kecamatan yang ada di Kota Bogor. Mulai dari GOM Bogor Selatan, Bogor Utara, dan Taman Manunggal.

“Sudah mulai jalan tahapannya, dan ini jalan berbarengan (dengan pembahasan Perda Retribusi biaya sewa),” kata Kepala Dispora Kota Bogor, Herry Karnadi.

Tiga beauty contest yang akan dibuka. Dengan demikian, setiap pemenang hanya akan mengelola satu kawasan itu.

Menurut Herry, untuk tahap awal dalam proses lelang ini, pihaknya sedang mengajukan penilaian aset ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL). Setelah nilai aset muncul, baru pihaknya akan melakukan proses beauty contest.

“Di saat kita melemparkan penawaran ke pihak swasta, nanti kami juga akan membentuk tim. Perkiraan waktu tahapannya (sampai ada pemenang) butuh waktu sekitar 4-5 bulan,” ucap Herry.

Pihaknya ingin pada bulan ini sudah muncul nilai asetnya dari KPKNL. Karena itu dianggap sebagai tahapan awal beauty contest.

Pemkot masih menggodok besaran tarif untuk penyewaan itu. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor, Herry Karnadi sempat merencanakan usulan taarif antara Rp500 ribu hingga Rp1 juta per 2 jam.


Pengenaan tarif penggunaan dua GOM baru akan diusulkan melalui revisi Perda Retribusi ke DPRD Kota Bogor. (*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto