25 radar bogor

Jaga Keandalan Listrik, PLN Optimalkan Peralatan MTU Pada GI Cibinong

PLN soal pemadaman listrik
PLN UP3 Bogor memastikan tak ada pemadaman listrik

BOGOR-RADAR BOGOR, PLN melalui Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Bogor mengoptimalkan peralatan infrastruktur kelistrikan melalui pekerjaan penggantian Material Transmisi Utama (MTU). Pekerjaan dilakukan pada MTU seksi 1 bay 150 kV Gardu Induk Cibinong.


Tim PLN menerjunkan sebanyak 20 personel gabungan yang terdiri dari tim pemeliharaan, tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) serta pengawas K3.

Sebelum memulai pekerjaan, Tim PLN melakukan safety briefing dan pemasangan safety line agar pekerjaan dilakukan sesuai dengan prosedur.

Proses pekerjaan tersebut diawali dengan penggantian material transmisi utama, melakukan pemasangan kabel penghubung (jumper) ke peralatan transmisi dalam kondisi bertegangan, melakukan uji stabilitas, hingga akhirnya dilakukan proses pemberian beban.

Manager PLN UPT Bogor, Made Gita Mardika mengatakan, penggantian MTU tersebut mampu diselesaikan satu hari lebih cepat, dari target yang direncanakan.

“Seluruh tahapan pekerjaan telah selesai dilakukan dengan aman, ditandai dengan pemberian beban pada Jumat (13/01) kemarin. Tim berhasil menyelesaikan pekerjaan satu hari lebih cepat, dari target waktu yang telah ditentukan,” terang Made.

Selain melakukan penggantian MTU, Tim PLN juga melakukan peningkatan performa trafo melalui perbaikan packing dan aksesoris pada trafo 150/20 kilovolt Gardu Induk Cibinong.


“Optimalisasi Infrastruktur kelistrikan melalui penggantian MTU dan peningkatan performa trafo ini menjadi komitmen kami untuk terus menyediakan pasokan listrik yang andal di sisi transmisi, dalam mendukung perkembangan berbagai sector industry, Pendidikan, pariswisata dan ekonomi,” pungkas Made. (*/adv)

Editor: Imam Rahmanto