25 radar bogor

Pemkab Bogor Bakal Bangun Pasar Rakyat Baru di Gunung Putri

Suasana Pasar Rakyat Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Pemkab Bogor berencana membangun Pasar Rakyat Baru di Gunung Putri dengan total anggaran pembangunan sebesar Rp10 miliar. (Radar Bogor/ Hendi Novian)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pemkab Bogor bakal membangun satu pasar rakyat baru di tahun 2023 ini. Rencananya, pasar tersebut akan dibangun di Desa Tlajung Udik, Kecamatan Gunung Putri.


“Di sana ada lahan pemda, jadi tidak perlu beli lahan, hanya tinggal membangun pasar rakyat,” ujar Plt Sekretaris Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kabupaten Bogor, Dedi Hernadi, Minggu (15/1).

Pasar rakyat tersebut akan menelan anggaran sebesar Rp10 miliar yang bersumber dari APBD Kabupaten Bogor tahun 2023. Pembangunan pasar rakyat di wilayah Gunung Putri berdasarkan kajian pihak-pihak terkait.

Belajar dari beberapa pasar rakyat yang gagal beroperasi, pasar rakyat di Gunung Putri memiliki potensi yang akan menjadi pusat perbelanjaan masyarakat di wilayah tersebut.

“Di sana ada embrio-embrio yang dapat menghidupkan pasar rakyat nantinya. Jadi sudah berdasarkan kajian,” tururnya.

Diproyeksikan, pembangunan Pasar Rakyat Gunung Putri akan dimulai pada pertengahan 2023.

“Sekarang sudah dipersiapkan agar masuk lelang pada bulan Maret, sehingga pengerjaan bisa dilakukan di bulan Juni atau Juli,” jelas pria yang merangkap Kepala Bidang Perdagangan Disdagin tersebut.

Selain pembangunan pasar rakyat baru, pihaknya juga berencana merevitalisasi tiga pasar yakni Pasar Cibinong, Cigombong, dan Pasar Cisarua.


Dedi menuturkan, banyak dari pasar milik Pemkab Bogor yang memang meminta untuk direvitalisasi. Namun, karena keterbatasan anggaran, baru tiga pasar yang bisa mereka revitalisasi.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto