25 radar bogor

Waspada, Kasus Penculikan Anak Cenderung Meningkat

Ilustrasi penculikan anak
Ilustrasi.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Orang tua harus kian ketat mengawasi buah hatinya. Pasalnya, kasus penculikan anak terus meningkat setiap tahun. Sepanjang tahun lalu saja, 35 anak dilaporkan mengalami penculikan.

Angka tersebut merujuk pada laporan yang tercatat dalam data Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Jika ditelisik lebih dalam, jumlah tersebut mengalami kenaikan tajam dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya. Pada 2020, kasus penculikan anak mencapai 20 anak. Sementara itu, pada 2021, ada 15 kasus.

Deputi Bidang Perlindungan Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Nahar meyakini, data di lapangan bisa jadi lebih banyak. “Jadi, ini bukan data yang pasti hanya segitu itu. Ada yang nggak dilaporin,” ujar Nahar dalam acara media talk KPPPA di Jakarta Jumat (13/1/2023).

Maraknya kasus penculikan anak, menurut dia, dipengaruhi oleh tuntutan ekonomi dan pengasuhan. Nahar mendorong agar pola pengasuhan sesuai standar. Misal, ketika pengasuhan tak bisa dilakukan oleh orang tua, harus ada pengasuhan alternatif. Penetapannya pun harus sesuai ketentuan. (jpg)

Editor : Yosep