25 radar bogor

Wisata Galuh Situ Menteng Dibuka Lagi, Tambah Camping Ground dan Ootbound

Wisata Galuh Situ Menteng di Kecamatan Nanggung kembali dibuka awal Januari ini usai tutup karena pandemi. (Radar Bogor/ Jaenal Abidin)

NANGGUNG-RADAR BOGOR, Sempat vakum selama pandemi Covid-19 melanda, objek wisata alam Galuh situ Menteng kembali dibuka. Kawasan di Desa Bantarkaret, Kecamatan Nanggung itu mulai menggeliat.


“Alhamdulillah dengan bantuan lomba wisata desa kami bisa merenovasi wisata alam Galuh Situ Menteng,” ungkap Ketua Desa Wisata Nanggung, Yosep, Jumat (13/1).

Yosep menjelaskan, dibukanya kembali wisata itu tentu bakal menggeliatkan perekonomian masyarakat. Mereka bisa sekaligus melestarikan lingkungan dan adat budaya.

“Awal dibuka, awal bulan Januari tahun ini. Pengelola menerapkan tiket masuk sebesar Rp5 ribu per orang,” jelas Yosep.

Dengan tiket murah itu, wisatawan sudah bisa menikmati pemandangan alam terbuka dari ketinggian Gunung Galuh Situ Menteng.

Untuk fasilitas yang disediakan pun tidak jauh dari sebelumnya. Sebut saja, kolam renang Gajebo dan rumah pohon. Penambahan baru yakni camping ground dan outbound.

Dia berharap, dibuka kembalinya wisata tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat setelah beberapa tahun terpuruk akibat pandemi Covid-19.


“Wisata dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan ke depan akan terus berinovasi serta mengembangkan potensi di wilayah,” pungkasnya. (*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto