25 radar bogor

Jelang Imlek, Pengrajin Barongsai dan Liong Kebanjiran Orderan

Barongsai
Perajin mengecek hasil produksi barongsai rumah produksinya, di Kelurahan Babakan Pasar, Kota Bogor, Kamis (12/1/2023). SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Menjelang Perayaan Tahun Baru Imlek, pengrajin barongsai dan liong di Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, disibukkan dengan banyaknya orderan.

Seperti yang terlihat pada Kamis (12/1/2023), sejumlah pengrajin di rumah produksi ini tengah bergegas menyelesaikan barongsai dan liong pesanan. Tampak, kayu-kayu disusun sedemikian rupa membentuk rangka barongsai. Di sisi lain para pengrajin mensablon bagian badan liong.

Pengrajin, Lili menjelaskan, momen menjelang Imlek menjadi waktunya panen pesanan. Sekira ada 100 pesanan barongsai dan liong mulai ia terima sejak bulan Oktober hingga November tahun lalu.

Avatar

Baca Juga:

Perumda Tirta Pakuan Targetkan Bangun SPAM Katulampa Tahap II

“Kalau bulan Januari kita stop pesanan yang masuk. Karena sudah tidak keburu menyelesaikannya. Jadi dari bulan sebelumnya,” ucapnya saat ditemui Radar Bogor.

Untuk membuat sebuah kostum barongsai, Lili membutuhkan waktu selama 10 hari. Meski begitu, ia mengaku pekerjaannya sangat bergantung pada cuaca dan panas matahari.

“Kalau mendung bisa lebih lama. Apalagi kalau membuat liong, karena dia mesti disablon. Maka dari itu saya menargetkan ke pelanggan pengerjaannya sebulan, walaupun selesainya lebih cepat,” terang dia.

Satu kostum barongsai buatannya ia hargai senilai Rp6 juta, sementara untuk liong dihargai Rp8,5 juta. Barongsai dan liong hasil tangan lili dan rekannya, bukan hanya didistribusikan di beberapa wilayah Indonesia. Namun juga sudah melebar hingga manca negara seperti Austria, Jerman dan Arab Saudi.

“Kami produksi terus sepanjang tahun, cuma ramainya saat menjelang imlek. Kebutuhannya macam-macam, ada yang untuk lomba dan kejurnas,” ucap dia. (cr1)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep