25 radar bogor

Ria Ricis Di Kritik Komnas PA: Jangan Eksploitasi Anak Demi Konten

Ria Ricis Dikritik Komnas PA Terkait Baby Moana

JAKARTA-RADAR BOGOR. YouTuber Ria Ria Ricis yang membawa anaknya, Cut Raifa Ara Moana, naik jetski tidak hanya menjadi sorotan netizen tanah air di media sosial. Media asing, The Insider, yang berbasis di New York, Amerika Serikat, ikut menyoroti aksi nekat tersebut.

Banyak netizen menyoroti aksi Ricis-Teuku Ryan beberapa waktu belakangan bukan tanpa alasan. Menurut warganet, aksi membawa anak kecil, Moana, tanpa jaket pengaman sungguh berbahaya.
Aksi pasangan muda tersebut bahkan dianggap potensial mengganggu tumbuh kembang anak. Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait angkat bicara terkait aksi Ria Ricis.
Dia menyarankan adik Oki Setiana Dewi itu untuk tidak melakukan eksploitasi anak demi kepentingan konten. “Ria Ricis jangan mengeksploitasi anaknya sendiri demi konten. Semua orang tahu bahwa Ria Ricis itu adalah orang yang saat ini sedang berada dalam kondisi, bagaimana YouTube itu digemari para netizen,” kata Arist Merdeka Sirait dalam video diunggah Lambe Turah.
Lebih lanjut, dia sama sekali tidak bermaksud hendak mengurangi atau menghalangi hak anak untuk berlibur. Yang menjadi perhatian Arist Merdeka Sirait adalah tindakan memanfaatkan anak untuk kepentingan orang dewasa.
“Saya tidak mengurangi hak anak untuk mendapatkan rekreasi dibawa ke tempat liburan untuk menyenangkan anak, tidak pada tempat itu. Kalau anak dibuat hanya untuk konten itu adalah eksploitasi,” jelasnya.

Avatar


Dia Ricis sebelumnya sudah angkat bicara terkait aksinya membawa Moana yang baru berusia 5 bulan menaiki jetski. Dia mengakui telah berbuat salah dengan membawa anaknya naik jetski karena tidak sesuai dengan perkembangan usia.
Selain itu, tinggi dan berat badan Moana diakuinya juga belum pantas untuk menaiki jetski. Ria Ricis pun meminta publik tidak meniru kesalahan yang telah dia lakukan.(JPG)
Editor : Yosep/Ayu. PKL