25 radar bogor

Pembangunan Underpass Batutulis Dikebut, Ditarget Selesai November 2023

Underpass Batutulis
Wali Kota Bogor, Bima Arya bersama Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim dan Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah didampingi perwakilan dari DJKA BTP Bandung dan PT KAI meninjau langsung progres pembangunan underpass Batutulis.

BOGOR-RADAR BOGOR, Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Bandung, tengah membangun perlintasan tidak sebidang berupa underpass, di kawasan Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Pembangunan underpass Batutulis dan jalan di sekitarnya ditarget rampung November tahun ini.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BTP Bandung Wilayah Bogor-Sukabumi, Defri W mengatakan, saat ini progres pembangunan di underpass Batutulis telah mencapai 10 persen. Pekerja di lapangan tengah melakukan persiapan pembesian untuk bore pile dan land clearing atau pembersihan lahan.

“Sebelumnya memang terdapat tumpukan tanah, (dan) saat ini tim dari kami dibantu pelaksana sedang melakukan land clearing. Terus tadi pembesian, dan tentunya koordinasi dengan pihak-pihak terkait,” kata Defri.

Avatar

Baca Juga:

Tata Kawasan Batutulis, Pemkot Bogor Gelontorkan Dana Rp16 Miliar

Kemudian, pihaknya juga mendapat arahan dari Pemkot Bogor untuk membangun Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) dari Situs Batutulis menuju Stasiun Batutulis. Sehingga dua lokasi tersebut bisa terintegrasi.

Sehingga, kata Defri, calon penumpang kereta Bogor-Sukabumi yang menggunakan angkot bisa turun di dekat Situs Batutulis, kemudian melewati JPO langsung menuju stasiun. Namun hal ini masih akan dibicarakan lebih lanjut.

“Target selesai bersama commissioning atau pengujian kami target di bulan November 2023. Insya Allah mudah mudahan semua lancar bisa berjalan baik,” ucap dia.

Sementara itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, dibangunnya underpass Batutulis ini diharapkan bisa memecahkan persoalan lintasan sebidang. Mengingat di dekat Stasiun Batutulis kerap terjadi kemacetan di jalan yang sempit.

“Jadi insya Allah tidak akan ada lagi kemacetan. Karena nanti mobilnya dimasukkan ke akses underpass, sehingga tidak bertabrakan dan tidak usah ditutup terus,” tukas Bima Arya. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep