25 radar bogor

Oknum Polisi Tembak Teman Sendiri Hingga Tewas, Ngaku Hanya Bercanda

Ilustrasi relawan Prabowo-Gibran ditembak
Ilustrasi relawan Prabowo-Gibran ditembak

NTT-RADAR BOGOR, Seorang oknum anggota polisi tembak teman sendiri hingga tewas di di Sumba Barat, Nusat Tenggara Timur (NTT).

Oknum polisi berinisial Briptu ER itu,  mengaku sedang bercanda saat peristiwa tersebut terjadi. Pistolnya tanpa sengaja meletus dan mengenai perut FL (27).

Peristiwa polisi tembak teman sendiri itu, bermula saat Briptu ER bersama FL dan rekan-rekan polisi lainnya, sedang merayakan ulang tahun warga bernama Januar Maulogo Ratu.

Saat sedang membakar bebek, korban mendatangi Briptu ER sembari menodongkan pisau dan menantangnya untuk menembakkan pistol ke arahnya. Briptu ER yang saat itu diduga sedang dalam kondisi mabuk, langsung mengacungkan pistolnya ke arah korban.

Pistol HS 9 kaliber 9,9 MM dengan warna hitam bernomor seri H258222, tiba-tiba meletus dan menembus perut korban. Korban yang saat itu sedang berdiri, kemudian berjalan mundur dan duduk dikursi dengan kondisi tidak sadarkan diri.

Briptu ER dan rekan-rekannya yang melihat korban tak sadarkan diri, lalu membawanya ke rumah sakit. Korban pun dinyatakan meninggal setelah mendapatkan pertolongan medis. Setelah itu pelaku langsung menyerahkan diri ke pihak kepolisian dan mengakui semua perbuatannya.

“Saat ini pelaku telah diamankan, kita sudah tegaskan bahwa penggunaan senjata api hanya untuk dinas dan di luar itu tidak diperkenankan,” papar Kabid Humas Polda NTT Kombes Aryasandi.

Lalu pada Minggu (8/1/2023) pukul 01.30 WITA Wakapolres Sumba Barat mendatangi RSK Monde Loripa, melihat kondisi jenazah serta bertemu keluarga yang ditinggalkan.

Akibat aksi polisi tembak teman sendiri itu, Briptu ER terancam sanksi pidana, ia terkena pasal 351 ayat 3 KUHP tentang pembunuhan dan penganiayaan berat. “Kami akan kenakan sanksi karena penggunaan senjata api yang tidak sesuai dengan SOP,” papar Aryasandi. (net)