25 radar bogor

Tahun Ini, JPO Paledang Stasiun Bogor Bakal Dibongkar

Kawasan Jalan Kapten Muslihat mulai ditata untuk pembangunan sky bridge yang direncanakan rampung pada pertengahan tahun ini. (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bakal membongkar Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang meembentang di Jalan Kapten Muslihat, tahun ini. Rencana itu seiring dengan pembangunan sky bridge yang telah berjalan.


Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor Eko Prabowo mengatakan, rencana pembongkaran JPO Paledang masih menunggu pembangunan sky bridge rampung. Penundaan tersebut dilakukan lantaran para penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) yang turun dan memanfaatkan fasilitas itu masih banyak.

Ia memberikan gambaran, jumlah penumpang yang turun melalui pintu keluar Jalan Mayor Oking mencapai 46 ribu orang. Sedangkan, penumpang yang turun di pintu keluar Alun-Alun Kota Bogor ada sekitar 20 ribu orang.

“Bayangkan 46 ribu yang (lalu lalang) dari arah Bogor Barat. Jadi, ya diselesaikan dulu sky bridge,” tandas Eko.

Jika JPO terlebih dahulu yang dibongkar, secara otomatis para pengguna KRL dari arah Mayor Oking akan menggunakan penyeberangan darat dan hanya akan membuat kemacetan baru.

“Nanti kalau sudah (rampung) pembangunan sky bridge sambil kita berpikir mampu menampung gak sky bridge,” ucap Eko.

Pemkot Bogor berharap Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Bandung dapat menyelesaikan pembangunan sky bridge sesuai dengan waktu yang telah direncanakan.


“Kalau sekarang (dibongkar) gak mampu. Soalnya 46 ribu laporan PT KAI dari arah Barat mulai dari Gunung Batu, Ciomas, dan Parung sekitarnya jalan melalui ini (Jalan Mayor Oking),” ungkap dia.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto