25 radar bogor

Sky Bridge Stasiun Bogor-Paledang Selesai Pertengahan Tahun

Sky Bridge
Kendaraan terlihat padat di Jalan kapten Muslihat. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Bandung, tengah membangun fasilitas sky bridge atau jembatan layang, antara Stasiun Bogor dan Stasiun Paledang. Sky bridge yang memiliki panjang 200 meter ini, direncanakan rampung dibangun pada pertengahan 2023.

Hal itu diketahui saat Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Double Track Bogor-Sukabumi BTP Bandung, David Sudjito, bersama Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim meninjau lokasi pembangunan di Jalan Kapten Muslihat, Kota Bogor pada Kamis (5/1/2023).

David mengatakan, sky bridge ini dibangun sebagai fasilitas layanan penumpang dari Stasiun Paledang ke Stasiun Bogor dan sebaliknya, serta di sekitar Jalan Kapten Muslihat.

“Kita sudah memulai (pembangunan) Oktober 2022, dan direncanakan selesai di 2023 sekitar Juni atau Agustus,” kata David saat mengecek lokasi.

Menurut dia, progres pembangunan sky bridge telah mencapai sekitar 20 persen. Dimana, pembangunan sky bridge ini juga bersinggungan dengan perbaikan jalur pedestrian atau trotoar di Jalan Kapten Muslihat. Terutama pada sky bridge yang mengarah ke Stasiun Bogor.

Kemudian, dilanjutkan David, perbaikan jalur pedestrian Jalan Kapten Muslihat diperkirakan mencapai 57 persen secara total. “Itu sama, kita mulai di 2022 akan diselesaikan sebelum April,” kata David.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim menyampaikan, ada beberapa titik yang harus dikoordinasikan secara teknis dalam pembangunan sky bridge ini.

Terutama di area Stasiun Paledang, Jalan Kapten Muslihat, serta sky bridge yang mengarah ke Stasiun Bogor dan Alun-Alun Kota Bogor.

“Saya melihat ada beberapa hal yang perlu koordinasi lebih teknis. Terutama terkait dengan rencana penghapusan Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Kapten Muslihat,” kata Dedie.

Dia menjelaskan, dari informasi yang didapatnya dari Kepala Stasiun Bogor, para penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line yang turun di pintu keluar Jalan Mayor Oking, jumlahnya mencapai 46 ribu orang. Namun, penumpang yang turun di pintu keluar Alun-Alun Kota Bogor ada sekitar 20 ribu orang.

Sehingga, ke depan akan ada penataan jalur pedestrian di sekitar Stasiun Bogor. Mulai dari Jalan Kapten Muslihat hingga Pasar Kebon Kembang Blok F.

Agar bisa menggeser penumpang KRL dari yang semula turun di pintu keluar Stasiun Bogor, menjadi ke pintu keluar Alun-Alun.

“Kita harus sinkronisasi dan cari jalan keluar, untuk bisa menggeser masyarakat yang sebelumnya lebih banyak turun di Mayor Oking untuk bisa kita arahkan ke arah Alun-Alun,” imbuh Dedie.

Avatar

Baca Juga:

Atasi Macet di Kebon Pedes, Pemkot Bangun Underpass

Sebab, ujung sky bridge nantinya berada di Alun-Alun dari arah Jalan Paledang, maupun sebaliknya dari Stasiun Paledang.(ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep