25 radar bogor

Warga Cisalada Dapat Ilmu Hidroponik Sayuran dari Unpak

Dosen dan mahasiswa Biologi FMIPA Unpak melaksanakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Desa Cisalada, Cigombong.

BOGOR-RADAR BOGOR, Dosen dan mahasiswa Biologi FMIPA Universitas Pakuan (Unpak) rampung melaksanakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM). Prpgram itu mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat Non Produktif Melalui Hidroponik.”


Program kali ini ditujukan kepada masyarakat Desa Cisalada, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Proses tersebut didanai oleh Yayasan Pakuan Siliwangi.

Tim Unpak langsung memberikan pelatihan kepada masyarakat mengenai edukasi budi daya sayuran dengan cara hidroponik. Masyarakat diberikan beberapa arahan dan tata cara budi daya sayuran hidroponik. Mulai dari pembuatan media, penyemaian, dan pemindahan semai ke media hidroponik.

“Hal itu bertujuan agar masyarakat bisa langsung merasakan serta mengimplementasikan terhadap teori yang telah diberikan,” ungkap Pembimbing hidroponik, Triastinurmiatiningsih.

Pelatihan hidroponik dibimbing langsung beberapa dosen dan mahasiswa jurusan Biologi. Dengan demikian, masyarakat lebih mudah memahami pelatihan itu.

Triastinurmiatiningsih mengatakan, kegiatan itu merupakan pembelajaran kolaboratif dari tim PKM Unpak untuk masyarakat desa. Hasil hidroponik sayuran langsung dirasakan oleh masyarakat Cisalada tersebut.

“Pelatihan ini banyak digemari di kalangan ibu rumah tangga. Sesuai dengan tujuan agar mereka bisa lebih produktif dalam membuat inovasi baru serta bisa menambah nilai ekonomi masyarakat Cisalada,” tandasnya.


Selain itu, cara menanam hidroponik juga bisa mengoptimalkan lahan yang sempit.

Ketua RW 07 Cisalada, Jawahir mengakui, kegiatan itu sekaligus dijadikan program andalan untuk mewujudkan kampung hidroponik, salah satu program pemberdayaan warganya.(*/ran)

Editor: Imam Rahmanto