25 radar bogor

Lewat Kopra by Mandiri, Bank Mandiri Dukung Pemerintah Perkuat Sektor Kesehatan

Kopra by Mandiri.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Bank Mandiri (Persero) Tbk meluncurkan Mandiri Hospital Solutions. Itu merupakan solusi transaksi dan pembiayaan untuk mempermudah Rumah Sakit dalam menjalankan proses bisnisnya.


Beberapa solusi transaksi yang telah tersedia untuk Rumah Sakit adalah solusi penerimaan dari pasien dan asuransi yang dapat menggunakan Layanan Mandiri Bill Collection, Mandiri EDC, dan e-wallet lewat pemanfaatan teknologi QRIS.

Layanan berbasis digital ini juga turut memudahkan penerimaan pembayaran klaim dari BPJS Kesehatan serta penerimaan klaim Covid-19, tersedia solusi Hospital Claim Financing sehingga dapat mempermudah Rumah Sakit dalam mengatur arus kas (cash flow).

Direktur Treasury & International Banking Bank Mandiri Panji Irawan menjelaskan, dalam melakukan fungsi tersebut pihaknya mengoptimalkan platform Kopra by Mandiri sebagai solusi pembayaran secara masif yang andal dengan tingkat akurasi dan keamanan transaksi yang optimal.

“Transaksi pembayaran yang diterima dapat dimonitor secara langsung oleh Rumah Sakit Rujukan sehingga dana yang diterima dapat dioptimalkan untuk memberikan layanan kesehatan terbaik,” ujar Panji dalam keterangannya, Rabu (4/1).

Melalui layanan ini, Bank Mandiri bersama dengan Pemerintah kian aktif mendukung layanan kesehatan terbaik bagi anggota masyarakat yang terdampak sehingga penyebaran Covid-19. Untuk itu, lanjut Panji, Bank Mandiri membantu pemerintah menyalurkan pembayaran klaim atas perawatan pasien Covid-19 kepada Rumah Sakit Rujukan.

Secara total, terdapat lebih dari Rp 100 triliun dana klaim yang dibayarkan ke 2.000 Rumah Sakit Rujukan di seluruh Indonesia hingga saat ini.

“Sebagai bank milik pemerintah, kami tentu diharapkan dapat memberikan manfaat terbaik kepada masyarakat dan ekonomi Indonesia agar bisa selamat dan bangkit dari dampak pandemi. Atas dasar itu, kami sangat fokus mendukung pemerintah dalam penyediaan layanan kesehatan terbaik bagi penderita Covid-19 melalui pemanfaatan super platform Kopra by Mandiri,” imbuhnya.

Selain menyalurkan dana klaim Covid-19, Bank Mandiri juga membantu Rumah Sakit rujukan dalam menyediakan fasilitas percepatan pembayaran dengan tujuan menjaga likuiditas Rumah Sakit selama periode pandemi.

Program fasilitas percepatan pembayaran untuk Klaim Covid-19 melalui Kopra by Mandiri telah membantu lebih dari 100 Rumah Sakit menjaga stabilitas keuangannya di tengah pandemi Covid-19.

“Per September 2022, wholesale digital super platform Kopra by Mandiri telah dimanfaatkan oleh lebih dari 68.000 nasabah wholesale dan pelaku UMKM, termasuk RS dan Fasilitas Kesehatan lokal, dalam mengakselerasi ekspansi usaha dan mendongkrak pendapatan,” kata Panji.

Avatar


Sebagai informasi, Bank Mandiri mencatat volume transaksi Kopra by Mandiri hingga September 2022 mencapai 642 juta transaksi, dengan nilai transaksi sebesar Rp13.420 triliun.(*/adv)

Editor: Imam Rahmanto