25 radar bogor

Tol Bocimi Seksi 2 Ditutup, Bogor-Sukabumi Macet-macetan Lagi

Suasana gerbang Tol Bocimi seksi 2 yang sudah mulai ditutup lagi usai pengoperasian fungsional selama Nataru. (Radar Bogor/ Arif Al Fajar)

CIGOMBONG-RADAR BOGOR, Jalan Tol Bocimi seksi 2 yang dioperasikan secara fungsional sejak 23 Desember 2022 lalu sudah ditutup kembali, Senin (2/1).

Bagi masyarakat Bogor yang akan menuju Sukabumi atau sebaliknya harus kembali macet-macetan melalui jalur arteri.

Pantauan Radar Bogor, kendaraan yang akan menuju Sukabumi keluar dari Tol Bocimi seksi 1. Kemudian melanjutkan perjalanan melalui jalur arteri yang selalu macet setiap hari.

“Iya, sudah gak bisa lewat (Tol Bocimi Seksi 2). Jadi mau gak mau macet-macetan lagi ini,” tutur Anwar, warga Sukabumi dijumpai Radar Bogor, Selasa (3/1).

Anwar berharap Tol Bocimi seksi 2 bisa segera rampung dan dibuka. Menurutnya, dengan adanya Tol Bocimi seksi 2 bisa memangkas waktu perjalanan.

“Lebih cepat sampai dan tidak macet-macetan (kalau lewat tol). Semoga segera selesai,” harapnya.

Sementara itu, Manager Transaksi Ruas Ciawi-Sukabumi dari PT Jasamarga Tollroad Operator, TB Indrawan memaparkan, Tol Bocimi seksi 2 sudah ditutup. Gerbang tol fungsional juga sudah dibongkar lantaran proyek akan dilanjutkan lagi.

Pembukaan Tol Bocimi Seksi 2 memang hanya diperuntukkan mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas selama Natal dan Tahun Baru (Nataru). Terbukti, banyak kendaraan yang memanfaatkan jalur itu untuk memangkas perjalanan.

Adapun jumlah kendaraan yang menggunakan tol Bocimi seksi 2 selama dibuka secara fungsional pada 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 mencapai puluhan ribu kendaraan.

“Total ada 35.388 kendaraan yang melintas tol bocimi seksi 2 selama dibuka fungsional,” papar Indrawan. (*)

Reporter: Arif Al Fajar
Editor: Imam Rahmanto