25 radar bogor

Plaza Bogor Dibongkar Akhir Januari, Konsepnya Bukan untuk Pasar Basah

Plaza Bogor
Warga melintas di depan Plaza Bogor yang akan dibongkar dan berganti bangunan dengan konsep baru. (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Pembangunan gedung Plaza Bogor di kawasan Suryakencana akan mulai dikebut. Rencananya, isi kawasan perbelanjaan itu mulai dibongkar pada akhir Januari ini.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, pembongkaran merupakan bagian dari rencana penataan beberapa pasar rakyat di Kota Bogor. Sebelumnya, rencana tersebut sudah disosialisasikan oleh Pemkot Bogor kepada masyarakat dan para pedagang.

Bima juga melihat kondisi bangunan plaza saat ini sudah sangat tidak layak. Oleh karena iti, pembongkaran bakal berlangsung bersamaan dengan pembangunan Pasar Jambu Dua, Pasar Merdeka, dan Pasar Sukasari.

“Jadi tahun ini tahun revitalisasi pasar. Nanti ini akan kita koordinasikan agar bisa menampung teman-teman pedagang yang masih berjualan di jalan,” tegasnya.

Untuk waktu pembongkaran, lanjut Bima, saat ini sedang berkoordinasi dengan TNI-Polri, Forkompinda serta mendengar aspirasi dari para pedagang.

Ke depan, Plaza Bogor dan sekitarnya akan dibuat bangunan sebagai pusat belanja, namun bukan pasar basah. Bahkan, rencananya juga akan dibangun masjid yang saat ini desainnya masih dalam tahap finalisasi.

“Intinya ini tidak boleh menjadi pasar karena ini di pusat kota, ini tidak cocok lagi. Nanti akan semrawut akan macet. Kemudian ada bangunan parkir juga ada fasilitas untuk parkir juga. Ada ruang terbuka hijau juga, jadi nanti ada ruang terbuka ada untuk UMKM, intinya konsepnya itu tidak sama lagi. Konsepnya itu bukan untuk pasar basah berbelanja bukan. Tapi konsep yang lebih rapilah,” papar wali kota dua periode ini.

Untuk memastikan kondisi bangunan yang akan direvitalisasi, Bima Arya juga telah mengecek langsung sembari mendengar masukan dari para pedagang.

“Tahun 2023 ini kita akan pastikan yang menjadi target dituntaskan ini semua dikoordinasikan dengan rapi, termasuk kegiatan yang sudah selesai, ya harus betul-betul dijaga,” katanya.

Direktur Utama Perumda Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor, Muzakkir menyebut rencana pembangunan gedung Plaza Bogor saat ini masih dalam tahap pembahasan finalisasi.

Avatar

Baca Juga:

Kapolsek Cigudeg Kunjungi Rumah Korban yang Tertimpa Rumpun Bambu

“Target pengosongan pedagang akan dilakukan pada akhir Januari. Untuk pedagang nanti akan kami pindahkan ke blok F dan AB,” tutup Muzakkir.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto