25 radar bogor

Harga Akomodasi Umrah Diprediksi Normal Bulan Depan

jemaah umrah
Ilustrasi jemaah umrah

JAKARTA- RADAR BOGOR- Masyarakat yang ingin berangkat umrah sebaiknya menunda hingga bulan depan. Sebab, saat ini harga hotel di Makkah naik, menacapai 300 persen, atau tiga kali lipat dari biasanya.

Sekjen Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) M. Faried Aljawi mengatakan, saat ini jumlah jemaah umrah di Makkah luar biasa banyak. ’’Musim liburan yang bersamaan dari banyak negara. Tidak hanya dari Indonesia,’’ katanya kemarin (2/1/2023).

Baca Juga : Logistik Korban Gempa Cianjur Hanya Bertahan Beberapa Hari

Selain itu, lanjut Faried, negara-negara pengirim jemaah umrah mulai melonggarkan perjalanan warganya ke luar negeri. Sehingga dimanfaatkan untuk berumrah dengan jumlah rombongan yang banyak.

Dia mengakui bahwa harga sewa hotel di ring satu Masjidil haram naik sampai 300 persen. Meski harganya naik, tingkat keterisiannya juga tinggi. Itu berimbas pada hotel-hotel di ring dua. ’’Harga hotel-hotel di ring dua, yang agak jauh dari Masjidil haram, juga naik,’’ ujarnya.

Tingginya harga sewa hotel tersebut berimbas pada pelaku umrah di tanah air. Menurut Faried, sejumlah travel mulai menaikkan harga paket umrah. Padahal, jemaah sudah melunasinya beberapa waktu lalu. Ada juga travel yang memilih menurunkan layanan (downgrade) untuk menekan biaya.

Baca Juga :Pelaku Penculikan Anak di Gunung Sahari Ditangkap, Korban Ada Dalam Gerobak

Faried memprediksi masa high season umrah berlangsung sepanjang Januari ini. ’’Setelah memasuki Februari nanti sudah agak turun,’’ katanya. Dengan demikian, jemaah yang mau berangkat umrah dianjurkan untuk memilih tanggal keberangkatan di bulan depan.(jpg)

Editor : Yosep/Riadil-ppl