25 radar bogor

3 Rekomendasi Wisata di Bogor Barat Untuk Libur Tahun Baru

Objek Wisata Telaga Batu
Objek wisata Talaga Batu di Desa Gunug Sahari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Sudah menjadi tradisi, setiap malam pergantian tahun, banyak acara yang digelar. Tak sedikit pula yang memanfaatkan momen tahun baru, dengan berlibur bersama keluarga ke tempat wisata.

Nah, bagi Anda yang mencari tempat wisata untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata yang wajib kalian kunjungi di Kabupaten Bogor bagian Barat.

1. Bukit Si Kabayan

Tempat Wisata
Bukit Si Kabayan. Instagram : bukitsikabayan

Bukit Si Kabayan merupakan sebuah tempat wisata yang berlokasi di Gunung Bunder 2, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Tempat ini cocok untuk kalian yang suka berkemah bersama teman ataupun keluarga. Pemandangan alam yang indah dan udara sejuk, membuat kita semakin nyaman berada di sini.

Memiliki area cukup luas untuk mendirikan tenda dan memasang hammock, sembari menikmati sejuknya udara, membuat banyak wisatawan datang ke Bukit si Kabayan untuk menikmati pesona alamnya.

Bukit Si Kabayan merupakan salah satu area camping ground yang memiliki pemandangan cukup indah. Banyak pengunjung yang berdatangan berasal dari luar daerah seperti Jakarta dan sekitarnya.

Pesona keindahan Gunung Salak cocok untuk dijadikan tempat swafoto dan berfoto ria. Akses menuju lokasi pun cukup mudah, bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Terdapat juga lokasi parkir untuk kendaraan, dan tracking yang diberi petunjuk agar pengunjung tidak tersesat. Fasilitas yang ada di tempat wisata ini juga bisa dibilang lengkap, terdapat musala, toilet, dan warung – warung yang menjual makanan dan minuman,  Selain itu, pengelola juga membebaskan untuk menyewa peralatan camp  ataupun membawa sendiri.

Biaya yang dibutuhkan untuk masuk ke kawasan Bukit Si Kabayan, terlebih dahulu melewati pintu gerbang Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) dengan biaya masuk sebesar Rp30.000,-. Untuk biaya berkemah,  Rp25.000,- saat Weekday dan Rp.30.000, untuk weekend,L alu biaya parkir Rp10.000,-.

2. Lembah Tepus

Tempat Wisata
Lembah Tepus. Instagram : lembah_tepus

Lembah Tepus, merupakan sebuah tempat wisata kolam air terjun di Pasir Reungit, Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, yang sangat indah.

Selain air terjunnya yang indah, ada juga area camp ground yang berada dekat kolam. Memiliki area camp yang luas, sehingga pas untuk kalian yang ingin berlibur dengan mengajak banyak anggota keluarga.

Air yang ada di kolam Lembah Tepus bersih dan jernih. Pengunjung bahkan bisa melihat pasir yang ada di dasar kolamnya. Banyak pengunjung yang datang pada saat weekday maupun weekend.

Fasilitas yang ada di Lembah Tepus, cukup lengkap. Ada mushola, toilet, warung dan juga tempat parkir yang luas, Banyak juga saung-saung untuk pengunjung beristirahat sembari menikmati keindahan pemandangan curug dan kolamnya.

Untuk tracking, hanya butuh waktu 5 menit dengan melawati jalanan berbatu menuju area curugnya. Dalam perjalanan menuju area camp, dipenuhi pepohonan hijau yang membuat suasana semakin asri, terdapat juga sungai kecil yang memiliki air sangat jernih.

Lembah Tepus buka setiap hari, pukul ( 07.00-17.00 WIB ), untuk camping ground buka 24 Jam. Harga tiket masuk Rp10.000,- /orang,  tiket camping Rp30.000,-, parkir motor Rp5.000,- sedangkan mobil Rp10.000,-.

3. Telaga Batu

Telaga Batu. Instagram : telaga_batu

Telaga Batu, merupakan tempat wisata yang cocok untuk berlibur tahun baru bersama keluarga dan pasangan. Selain panorama alamnya yang indah, tempat ini pas untuk berenang, berkemah sambil barbequean dan juga bakar jagung bersama keluarga dan pasangan.

Berlokasi di Jalan Curug Pangeran, Gunung Salak Endah, Kecamatan Pamijahan, dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl), Telaga Batu dapat dicapai dengan kendaraan pribadi.

Akses menuju ke lokasi ini bisa dibilang cukup nudah, Karena pengelola menyediakan tempat parkir sebagai bagian dari fasilitas wisata ini.

Telaga Batu buka pukul 07.00-17.30 WIB.  Tempat ini cocok sekali untuk berkemah pada saat malam pergantian tahun, hanya dengan membayar Rp10.000/orang, pengunjung sudah bisa berenang dan menikmati panorama alam yang elok ini. Jika ingin berkemah, pengunjung hanya membayar Rp25.000 per orang.

Tracking menuju lokasinya pun hanya sekitar 5 menit, dengan melewati jalanan berbatu. Dan sebelum sampai ke loket tiket masuk, kita akan melewati gardu yang cocok untuk berswafoto.

Pengelola menyediakan fasilitas seperti saung, toilet dan warung untuk menunjang kebutuhan para pengunjung. Jadi bisa dibilang fasilitas yang ada di eisata ini komplit. (Dikara/Ayu-PKL)

Editor : Yosep