25 radar bogor

Waspada, Gelombang Tinggi Capai 4 Meter di Pelabuhan Merak

Gelombang tsunami
Gelombang tsunami

JAKARTA-RADAR BOGOR, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi gelombang tinggi masih akan terjadi di Pelabuhan Merak, Banten, hari ini, Kamis (29/12/2022).

Baca Juga : BMKG : DKI, Jawa, NTB, hingga NTT Siaga Cuaca Ekstrem

Menurut peringatan yang dirilis BMKG, gelombang tinggi itu berkisar 1,25 meter hingga mencapai 4 meter di sejumlah perairan sekitar Pelabuhan Merak.

“Waspada gelombang tinggi laut dengan ketinggian 2.5 – 4.0 meter di wilayah Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Banten dan Samudera Hindia Selatan Banten,” tulis BMKG dalam keterangan tertulis di laman resmi maritim.bmkg.go.id, dikutip Kamis (29/12/2022).

Tak hanya di Pelabuhan Merak, peringatan gelombang tinggi juga diberikan untuk wilayah perairan Selat Sunda bagian Utara dengan gelombang laut diprediksi mencapai ketinggian 1,25 meter-2,5 meter.

Pihaknya menyebut, kondisi gelombang tinggi tersebut berisiko tinggi terhadap perahu nelayan, kapal tongkang, dan kapal Ferry.

Adapun kini, menurut catatan BMKG cuaca di Pelabuhan Merak diguyur hujan ringan dengan angin berkisar 1-20 knot arah barat daya-barat laut. “Gelombang laut sedang berkisar 1,25-2,50 meter dengan jarak pandang 7 kilometer,” tulis BMKG.

Terkait kondisi sinoptik atau fenomena meteorologi ukuran pola cuaca yang terjadi pada periode satu hari sampai satu minggu dengan skala panjang wilayah horisontal dari urutan 1.000 km (sekitar 620 mil) atau lebih.

BMKG memprediksi angin di wilayah Selat Sunda bagian Utara umumnya bertiup dari Barat – Barat Laut dengan kecepatan 1 – 25 knot. Lalu, angin di wilayah Selat Sunda bagian Selatan umumnya bertiup dari Barat – Barat Laut dengan kecepatan 1 – 25 knot.

“Angin di wilayah Perairan Selatan Banten umumnya bertiup dari Barat – Barat Laut dengan kecepatan 1 – 25 knot. Angin di wilayah Samudera Hindia Selatan Banten umumnya bertiup dari Barat – Barat Laut dengan kecepatan 1 – 25 knot,” tutupnya.

Sebelumnya, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Region VIII Provinsi Banten mengumumkan menutup sementara waktu layanan Express Pelabuhan Merak dan Bakauheni.

Hal tersebut imbas kondisi cuaca di lintasan Merak-Bakauheni sekitar pukul 22.45 WIB Rabu (28/12/2022) yang terpantau buruk. Terkait itu, pihaknya mengatakan mohon maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan tersebut.

“Keberangkatan Kapal Ferry Express untuk sementara waktu tertunda sampai cuaca dinyatakan aman oleh Otoritas Pelabuhan untuk kapal dapat berlayar. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya,” tulis manajemen BPTD Banten dalam Instagram resminya, Rabu (28/12/2022).

Baca Juga : BMKG Sebut Peluang Badai Dahsyat Kecil Terjadi, Warga Diminta Tetap Tenang

Kendati demikian, pada pukul 04.00 WIB layanan tersebut sudah dibuka kembali ditandai dengan dengan berlayarnya kapal ekspress dari terminal eksekutif Sosoro-Merak pada pukul 04.00 WIB.

“Pelayanan penyeberangan Merak-Bakauheni dikarenakan kondisi cuaca ekstrem pada Rabu (28/12/2022) sejak pukul 22.00 WIB, kini sudah kembali dibuka,” kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Kamis (29/12/2022). (jpg)

Editor : Yosep