Paus Benediktus XVI Sakit Parah, Paus Fransiskus Minta Doa Umat

Paus Paulus
Paus Paulus

RADAR BOGOR, Kesehatan mantan pemimpin Vatikan, Paus Emeritus Benediktus XVI alias Paus Benediktus dikabarkan menurun karena usianya. Dokter terus memantau kondisi pria berusia 95 tahun itu. Vatikan meminta doa untuk kesembuhannya.

Juru bicara Vatikan Matteo Bruni mengatakan, pemimpin Vatikan definitif, Paus Fransiskus meminta umat berdoa untuk kesembuhan Benediktus. Menurutnya kondisi Benediktus memburuk.

“Mengenai kondisi kesehatan Paus Benediktus, yang diminta oleh Paus Fransiskus untuk didoakan di akhir audiensi umumnya pagi ini, saya dapat memastikan bahwa dalam beberapa jam terakhir, telah terjadi pemburukan karena usia lanjut,” kata Bruni dalam pernyataan tertulis seperti dilansir dari ABC, Kamis (29/12).

Paus Fransiskus mengatakan bahwa Benediktus sakit parah dan meminta umat beriman untuk berdoa bagi eks Paus. Sang Paus sendiri tidak merinci kondisi Benediktus.

“Saya ingin meminta doa khusus kepada Anda semua untuk Paus Benediktus,” kata Paus Fransiskus.

Setelah audiensi selama satu jam, Paus Fransiskus pergi ke biara Mater Ecclesiae untuk mengunjungi Benediktus XVI. Belum ada informasi terbaru terkait kondisi Benediktus saat ini.

Baca juga:Pemuda di Lampung Perkosa Ibu dan Adiknya, Gara-Gara Tak Diberi Uang

Benediktus merupakan paus pertama yang mengundurkan diri dalam 600 tahun terakhir. Kondisinya semakin lemah dalam beberapa tahun sebelum mundur, dan saat ini dia mendedikasikan kehidupan pasca-kepausannya untuk berdoa dan bermeditasi.

Pada tahun-tahun pertama pensiunnya, Benediktus menghadiri beberapa upacara pengangkatan kardinal di Basilika Santo Petrus. Namun dalam beberapa tahun terakhir, dia tidak cukup kuat untuk menghadiri kebaktian yang panjang. Riwayat kesehatannya sendiri, termasuk masalah ligamen lutut yang memaksanya menggunakan kursi roda atau tongkat

Ia diangkat menjadi kardinal pada tahun 1977 oleh Paus saat itu, yakni Paus Paulus VI. Dia terpilih sebagai paus pada tahun 2005.(JPG)

Editor: yosep/adli

Berita Lainnya