25 radar bogor

PT Tirta Investama Plant Ciherang Bangunkan Sarana Air Bersih 

PT Tirta Investama
Melalui penerapan program CSR, PT Tirta Investama Plant Ciherang, membangunkan saran air bersih bagi warga RT 01/01, Desa Ciherang Pondok, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, PT Tirta Investama (Danone-AQUA) Plant Ciherang tak pernah bosan menunjukan kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar. Kali ini, melalui penerapan program Corporate Social Responsibility (CSR), perusahaan penghasil air minum dalam kemasan ini, membangunkan saran air bersih bagi warga RT 01/01, Desa Ciherang Pondok, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.

Baca Juga : Karyawan PT Tirta Investama Plant Caringin Divaksin Booster

Menurut SR-CSR Manager PT Tirta Investama Plant Ciherang, Heri Yunarso, pemberian bantuan sarana air minum untuk warga merupakan wujud komitmen pihaknya dalam membantu warga sekitar pabrik. Terlebih kata dia, wilayah Ciherang Pondok rentan mengalami krisis air bersih saat musim kemarau melanda.

“Selama 2015 hingga 2019, beberapa wilayah di desa ini rentan mengalami kekeringan. Karena itu, kami menggandeng mitra dan pemerintah desa, berupaya mengatasinya dengan membangunkan sarana air bersih untuk mengatasi kekeringan,” terangnya saat serah terima sarana air minum dengan Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum (KPSPAM) Desa Ciherang Pondok, Sabtu (23/12/2022).

Lanjut Heri Yunarso, pihaknya berkerjasama dengan Yayasan Pembangunan Citra Insani Indonesia (YPCII), telah membangun sebanyak 14 sarana air bersih yang tersebar disejumlah titik di Desa Ciherang Pondok, serta Desa Ciderum.

Sedangkan untuk Desa Ciherang Pondok, telah dibangun lima titik. Pihaknya pun meminta masyarakat penerima manfaat program bisa turut menjaga serta memelihara fasilitas yang terlah diberikan agar bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Ciherang Pondok, Aldi Wiharsa mengapresiasi kepedulian pihak perusahaan terhadap kondisi masyarakat desanya. Terlebih air, kata dia, merupakan kebutuhan yang sangat vital yang harus selalu terpenuhi.

“Alhamdulillah, sejak awal perusahaan berdiri, PT Tirta Investama Plant Ciherang tetap konsisten menunjukan perhatiannya terhadap warga dan lingkungan sekitar pabrik. Dan tentunya ini merupakan bentuk sinergitas perusahaan dengan kami (pemdes) maupun masyarakat,” tandasnya.

Aldi Wiharsa mengaku, sarana yang telah diberikan, manfaatnya sangat dirasakan warga. Dan menurutnya, PT Tirta Investama Plant Ciherang, selalu siap mengakomodir serta mengedepankan berbagai kepentingan sosial masyarakat. Karena itu, ia pun berpesan kepada pengelola dan warga untuk turut menjaga sarana yang telah dibangun oleh pihak perusahaan.

Bahkan luar biasanya, sambung Aldi Wiharsa ada KPSPAM di wilayahnya yang berhasil mengelola keuangan warga dari program tersebut, hingga menyisakan saldo dengan nilai mencapai ratusan juta rupiah. Menurutnya, hal itu tidak terlepas dari pembinaan atau pendampingan yang diberikan Tim CSR PT Tirta Investama Plant Ciherang dan YPCII.

Senada, Camat Caringin, Endi Rismawan berharap, sarana yang telah dibangun di tengah warga bisa memberikan manfaat dalam waktu yang panjang, serta membawa keberkahan baik bagi pemberi atau penerima bantuan.

“Kami sangat mengapresiasi pihak PT Tirta Investama Plant Ciherang yang dari tahun ke tahun tetap konsisten menunjukan perhatiannya kepada warga, melalui pemberian sarana yang bermanfaat. Semoga bantuan ini senantiasa membawa keberkahan serta manfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Baca Juga : 129 Karyawan PT Tirta Investama Plant Ciherang Jalani Vaksinasi Booster, Cegah Penularan Covid

Sementara itu, Direktur Excecutif YPCII dr Agustini E. Raintung menambahkan, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan tim CSR PT Tirta Investama Plant Ciherang sejak kurun waktu lima tahun terakhir. Selama itu kata dia, sesuai dengan tugasnya, YPCII membantu dalam hal pemberdayaan masyarakat melalui pembinaan KPSPAM yang sudah terbentuk di wilayah kerja tim CSR perusahaan.

“Selain membina KPSPAM, kami juga membina pengelolaan bank – bank sampah yang ada di wilayah kerja tim PT Tirta Investama Plant Ciherang. Semoga saja program ini bisa berjalan secara berkesinambungan dan terus memberikan manfaat bagi masyarakat,” tukasnya. (*/unt)

Editor : Yosep