25 radar bogor

Kelompok Peternak Desa Situ Udik Dapat Pendampingan dari PKM UNB

Pendampingann tim PKM Universitas Nusa Bangsa (UNB) di Desa Situ Udik, Kabupaten Bogor. (Dok. UNB)

BOGOR-RADAR BOGOR, Dosen dan mahasiswa Universitas Nusa Bangsa (UNB) telah menuntaskan rangkaian pendampingan Kelompok Tani Ternak Sapi Perah (KTTSP) Desa Situ Udik, Cibungbulang, Bogor. Para peternak telah mendapatkan tambahan wawasan mengenai pembuatan produk hingga digital marketing.

Kegiatan itu menjadi bagian dari Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) memanfaatkan bantuan pendanaan program Insentif PKM Ditjen Diktiristek 2022. Pelaksanaannya berlangsung selama dua hari, 17-18 Desember 2022.

Baca Juga: Pendampingan dan Bagikan Alat Pertanian, UNB Dorong KWT Srikandi Lebih Mandiri

Ketua Tim PKM UNB, Dr. Ricson P. Hutagaol memaparkan mengenai penelitian yang dapat memotivasi mitra dalam melaksanakan kegiatan pendampingan. Narasumber pun dihadirkan untuk berbagai jenis pelatihan.

Pendampingan sekaligus menggandeng para peternak untuk menjalani praktik pembuatan produk berupa yogurt, kefir, dan keju.

“Dalam rangka pendampingan mengenai pemasaran produk, Tim PKM UNB juga memberikan pelatihan dalam mendesain logo ataupun iklan produk dengan menggunakan Canva (aplikasi smartphone),” tambahnya.

Dosen UNB, Rumna juga menyumbangkan materi mengenai manajemen keuangan. Para peserta diperkenalkan cara menentukan modal hingga harga jual agar dapat menentukan laba yang diperoleh.

Selain itu, Tim PKM UNB juga menyerahkan alat dan bibit bakteri untuk pembuatan produk olahan susu. Alat-Alat yang diserahkan meliputi water boiler, kulkas, termos, pengepress keju, berbagai bibit bakteri, dan berbagai kebutuhan pembuatan produk.

“Semoga kegiatan ini dapat berlanjut dan ada pembentukan kelompok usaha olahan produk susu,” ungkap Ketua Kelompok Tani Ternak Sapi Perah (KTTSP) Desa Situ Udik, Yahdi Nur Haqqi. (*)

Editor: Imam Rahmanto