25 radar bogor

Pangkas Waktu Tempuh, Ribuan Pemudik Pilih Lewat Tol Bocimi Seksi 2

CIGOMBONG-RADAR BOGOR, Jumlah kendaraan pemudik yang memanfaatkan Tol Bocimi Seksi 2 meningkat pada Sabtu (25/12/2022). Hal itu lantaran waktu tempuh lebih cepat ketimbang mengunakan jalur arteri.

Gunawan, pengguna jalan Tol Bocimi Seksi 2 mengaku cukup terbantu dengan dibukanya tol secara fungsional. “Lebih cepat, jadi lewat sini,” ujarnya.

Pantauan Radar Bogor, sejak Sabtu (24/12/2022) pagi antrean kendaraan terjadi di pintu masuk darurat tol sepanjang 11,9 kilometer itu.

“Iya, hari ini ramai kendaraan yang melintasi Tol Bocimi Seksi 2,” ujar Manager Transaksi Ruas Ciawi-Sukabumi, TB Indrawan kepada Radar Bogor Sabtu (24/12/2022).

Lanjut TB Indrawan, jumlah kendaraan melintas di tol yang dibuka secara fungsional itu ada 1.030 kendaraan.

Untuk diketahui, Dldibukanya Tol Bocimi Seksi 2 secara fungsional pada Jumat (23/12/2022), mampu mengurangi waktu tempuh perjalanan (travel time), ketimbang jalur arteri.

Radar Bogor mencatat, travel time dari Bogor menuju Sukabumi via tol, cukup ditempuh 1 jam 30 menit. Ada tiga tol yang dilintasi. Yakni Tol BORR, Tol Jagorawi dan Tol Bocimi.

Sejak memasuki Tol BORR, perjalanan lancar. Tidak ada antrean kendaraan. Pun saat memasuki Tol Jagorawi dari gerbang Sentul menuju Ciawi, tergolong lancar.

Di Tol Bocimi Seksi 1 pun sama. Begitu melewati pintu masuk Tol Bocimi, tidak ada halangan berarti. Jalan lancar. Kecepatan rata-rata diangka 70 kilometer per jam (KMPJ).

Kemudian, saat memasuki Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Sukabumi, kecepatan kendaraan, rata-rata 60 KMPJ. Untuk travel time di tol seksi 2 sepanjang 11,9 km itu cukup 20 menit.

Berbeda, jika melintasi jalur arteri atau non tol. Travel time Bogor-Sukabumi ditempuh dalam waktu 3 jam 30 menit. Terlebih saat memasuki sore hari.

Banyak hambatan di Jalur arteri Ciawi-Sukabumi. Mulai dari banyaknya persimpangan hingga bubaran karyawan pabrik.

Radar Bogor mencatat, ada enam titik macet di jalur arteri Ciawi-Sukabumi. Tepatnya dari Parung kuda-Pintu Tol Cigombong.

Namun, perlu dicatat, bagi pengendara yang akan menggunakan Tol Bocimi Seksi 2, hanya bisa dilalui hingga sore hari. Sampai pukul 17.00 WIB. Selebihnya tol ditutup.

Selain itu, pengendara juga harus ekstra hati-hati. Masih banyak ruas jalan yang belum diaspal.

Pengerjaan jalan tol masih terlihat. Sejumlah alat berat juga masih beroprasi di beberapa titik. Selain itu jalan yang dibuka hanya satu lajur. Itupun tidak full.

Untuk memasuki Tol Bocimi Seksi 2, disediakan dua pintu masuk. Bagi yang kehabisan E tol, tidak perlu khawatir. Karena Tol Bocimi Seksi 2 masih gratis. Di sana juga ada petugas yang berjaga.

Sementara itu, untuk Tol Bocimi Seksi 2 ini juga direncakan dibuka hingga 2 Januari 2023. Dari tanggal 23 Desember sampai 31 Desember 2022 yang dibuka dari arah Cigombong menuju Sukabumi.

“Untuk tanggal 1 dan 2 Januari 2023 yang dibuka dari arah Sukabumi menuju Cigombong,” tandasnya. (all)

Editor : Yosep