25 radar bogor

Manchester City vs Liverpool FC: Big Match Tipis-Tipis

Premier League
Gestur Manajer Liverpool Jurgen Klopp reacts saat laga UEFA Champions League Group A melawan SSC Napoli di Diego Armando Maradona Stadium, Naples, (7/9).

INGGRIS-RADAR BOGOR, Manchester City versus Liverpool FC harus diakui merupakan duel dua tim terbaik di tanah Inggris dalam kurun waktu lima tahun terakhir. City memenangkan empat titel Premier League selama itu.

Tetapi, meski hanya sekali memenangi Premier League, LFC berjaya di Liga Champions 2018–2019. Trofi yang belum masuk dalam rak trofi City.

Parameter lainnya, duel mereka di Community Shield pada musim panas lalu (31/7) menjadi pembuka kompetisi di Inggris.

Baca juga:Sterling Kembali ke Timnas Inggris Jelang Perempat Final Lawan Prancis

Rivalitas dua pelatih, Pep Guardiola (City) dan Jurgen Klopp (LFC), semakin menambah gengsi dan prestise big match tersebut.

Hanya, City versus LFC dalam putaran keempat Piala Liga (EFL Cup) di Etihad Stadium dini hari nanti (siaran langsung Mola TV pukul 03.00 WIB) mungkin berlabel big match tipis-tipis.

Alasannya bukan hanya kebijakan memberikan menit bermain kepada pemain cadangan mengingat Piala Liga merupakan prioritas buncit bagi klub top Inggris.

Baca juga:Siap-Siap, Lapak PKL di Puncak Dibongkar Satpol PP Hari Ini

Melainkan juga masih banyak pemain Piala Dunia dari kedua tim yang belum bergabung. Dari 16 pemain City yang berlaga di Qatar, sembilan belum datang.

Yang sudah berlatih, antara lain, kapten Ilkay Gundogan (Jerman) dan Kevin De Bruyne (Belgia). Mereka sudah berlatih sejak pekan lalu, bahkan menjalani laga musim dingin kontra Girona FC (17/12).

Sementara itu, Rodri (Spanyol), Nathan Ake (Belanda), Manuel Akanji (Swiss), dan Aymeric Laporte silih berganti tiba kemarin.

Baca juga:Amankan Nataru, Polri Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin 2022 di Monas

Yang belum menampakkan batang hidungnya sampai kemarin (21/12) adalah lima penggawa Inggris (Kyle Walker, John Stones, Phil Foden, Jack Grealish, dan Kalvin Phillips), trio Portugal (Ruben Dias, Bernardo Silva, dan Joao Cancelo), serta kiper Ederson Moraes (Brasil).

”Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Para pemain yang berada di Abu Dhabi (untuk pemusatan latihan mini musim dingin, Red) sudah siap (menghadapi LFC, Red). Aku juga sudah siap untuk memberikan peran penting,” papar bek kiri City Sergio Gomez kepada Manchester Evening News.

Menurut pemain yang musim ini didatangkan dari RSC Anderlecht tersebut, City masih memiliki Erling Haaland dan Riyad Mahrez dengan kondisi prima.

Baca juga:

Dua pemain tersebut sama-sama absen di Piala Dunia. Gundogan dan KDB juga bergabung di Abu Dhabi karena timnas mereka sudah gugur awal dalam Piala Dunia.

Bagaimana dengan LFC? Secara komposisi pemain, The Reds lebih komplet daripada City. Setidaknya ada enam pemain yang akrab dengan laga tim utama dalam kondisi fit.

Terutama Mohamed Salah dan Roberto Firmino yang absen di Piala Dunia. Darwin Nunez juga langsung bergabung dengan skuad Jurgen Klopp setelah Uruguay gagal lolos ke fase knockout Piala Dunia.

”Kami selalu siap menghadapi laga apa pun dan dalam ajang apa pun. Kami ingin kembali (setelah jeda Piala Dunia, Red) sebagai tim yang tangguh,” beber asisten pelatih LFC Pep Lijnders dalam pre-match press conference di AXA Training Centre, Kirkby, tadi malam WIB seperti dilansir Liverpool Echo.