25 radar bogor

Tuding Ada Kecurangan, Mahasiswa Desak Anggota KPU Bogor Diperiksa

Perhimpunan Aktivis Mahasiswa (PAM) Bogor menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor KPU Kabupaten Bogor, Cibinong, Rabu (21/12). (Radar Bogor/ Untung)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Perhimpunan Aktivis Mahasiswa (PAM) Bogor menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor, Cibinong, Rabu (21/12). Mereka menuding adanya dugaan kecurangan dalam seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024.

Baca Juga: Tepis Kecurigaan, KPU Didesak Transparan Soal Verifikasi Faktual

Koordinator PAM Bogor, Ahmad Fajrul Islam menyampaikan, demonstrasi ini dilakukan setelah pihaknya menerima data dugaan kecurangan yang dilakukan KPU Kabupaten Bogor. Pasalnya, terdapat pengurus partai politik yang ditetapkan sebagai anggota PPK.

Karena itu, Fajrul meminta transparansi KPU Kabupaten Bogor dalam proses seleksi anggota PPK. Pihaknya juga mempertanyakan kinerja Bawaslu Kabupaten Bogor dalam seleksi tersebut.

Selain itu, PAM Bogor juga menuding KPU Kabupaten Bogor asal-asalan dalam proses tes wawancara seleksi PPK. Hal itu terbukti dengan wawancara yang dilakukan secara bersamaan dengan jumlah enam peserta sekaligus.

“Satu pewawancara langsung mewawancarai enam peserta seleksi sekaligus. Lantas apa dasar penilaiannya?” cecar Fajrul.

Dia juga menduga, peserta seleksi yang telah ditetapkan sebagai anggota PPK sebagian besar merupakan titipan dari partai politik tertentu. Pasalnya, peserta seleksi PPK terpilih yang telah lolos ternyata mendapat nilai rendah saat tes wawancara.

Baca Juga: DOB Papua, KPU yakin Pemerintah Terbitkan Perpu Pemilu 2024

Karena itu, PAM Bogor mendesak Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) untuk memeriksa anggota dan Ketua KPU Kabupaten Bogor terkait dugaan kecurangan seleksi PPK.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto