25 radar bogor

Uji Lintasan Tol Bocimi Seksi 2 Cibadak-Cigombong Untuk Libur Nataru Batal

Tol Bocimi Seksi 2
Suasana Exit Tol Bocimi Seksi 2 Cibadak, yang akan dibuka terbatas Jumat (23/12/2022). RADAR SUKABUMI

SUKABUM – RADAR BOGOR, Uji coba lintasan Tol  Bocimi (Bogor – Ciawi – Sukabumi) Seksi II Cibadak-Cigombong, yang rencananya dibuka secara fungsional hari ini Selasa (20/12/2022) batal.

Baca Juga : Libur Nataru, Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak Dibuka Gratis

Berdasarkan pantauan Tim Radar Sukabumi di lokasi pintu keluar Tol Bocimi Seksi 2, sekitar pukul 09.00 WIB, di wilayah Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, terlihat masih ada para pekerja kontruksi yang tengah memperbaiki jembatan untuk pintu exit Tol Bocimi Seksi 2 tersebut. Di jalur itu juga belum terpasang rambu-rambu lalu lintas dan Penerangan Jalan Umum (PJU).

“Iya, memang batal dilakukan operasi secara fungsional ruas Seksi 2 jalan Tol Bocimi itu. Namun, untuk alasan jelasnya, kami juga dari Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, belum tahu,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Dedi Chardiman, kepada Radar Sukabumi Selasa (20/12/2022).

Ketika disinggung mengenai alasan pembatalan uji lintasan Tol Bocimi Seksi 2, ia mengaku belum bisa menjawab secara jelas. Karena, menurutnya, hal tersebut merupakan kewenangan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Jadi yang berhak itu, adalah Kementrian, memang sebelumnya direncanakan akan dioperasikan secara fungsional hari ini (20/12/2022). Namun, tidak jadi. Jadi mulai kapan akan dibukanya, saya juga belum ada surat atau informasi resmi dari Menteri PUPR. Sekarang saya masih menunggu informasi lanjut dari Menteri PUPR,” tandasnya.

Baca Juga : Unjuk Kreativitas, SMPN 2 Ciomas Gelar Pensi dan Literasi

Meski demikian, masih kata Dedi, berdasarkan rapat koordinasi Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi dengan lembaga terkait, diinformasikan bahwa Tol Bocimi Seksi 2 itu, dipastikan akan bisa dioperasikan secara fungsional sebelum perayaan Natal 2022.

“Informasi sementara, Tol Bocimi Seksi 2 itu akan dioperasikan secara fungsional untuk akses Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Nah, operasi Nataru itu akan dilaksanakan pada 23 Desember. Artinya, Tol Bocimi itu akan dioperasikan secara fungsional pada tanggal itu. Namun kita masih menunggu informasi resmi dari Kementrian untuk jadwal pastinya,” pungkas Dedi. (den)

Editor : Yosep