25 radar bogor

Rebut Posisi Ketiga, Kroasia Cuma Kalah Dua Kali di Piala Dunia

piala dunia
Tim nasional Kroasia finis di posisi ketiga Piala Dunia 2022. Pada perebutan ranking ketiga di Khalifa International Stadium, Doha, pada Sabtu malam WIB

QATAR-RADAR BOGOR, Posisi ketiga Piala Dunia 2022, akhirnya direbut Kroasia. Itu setelah, pada laga di Khalifa International Stadium, Doha, Sabtu (17/12/2022) malam WIB, Kroasia mengandaskan Maroko 2-1.

Kroasia unggul terlebih dahulu berkat gol cepat Josko Gvardiol. Namun, Maroko menyamakan kedudukan melaluti Achraf Dari. Gol kemenangan Kroasia dicetak oleh Mislav Orsic pada menit ke-42.

Kemenangan ini membuat Kroasia keluar sebagai peringkat ketiga Piala Dunia 2022. Ini adalah medali perunggu kedua Kroasia di Piala Dunia setelah mereka meraihnya pada tahun 1998.

Kroasia memang tampil sangat konsisten pada Piala Dunia. Dalam 14 pertandingan di dua Piala Dunia yakni Piala Dunia 2018 dan 2022, Kroasia hanya kalah dua kali.

Yakni melawan Prancis pada final Piala Dunia 2018 Rusia dengan skor 2-4. Lalu dikandaskan Argentina dengan skor 0-3 pada semifinal Piala Dunia 2022 Qatar.

Kroasia langsung unggul 1-0 saat pertandingan baru berjalan tujuh menit. Bermula dari tendangan bebas Luka Modric ke depan gawang, Ivan Perisic kemudian menyundul bola ke tengah yang langsung disambar Josko Gvardiol dengan kepalanya untuk menjebol gawan Yassine Bounou.

mun, keunggulan Kroasia hanya bertahan dua menit setelah Maroko menyamakan kedudukan lewat skema gol yang mirip.

Berawal dari tendangan bebas Hakim Ziyech yang dihalau Lovro Majer, bola kemudian mengarah ke Achraf Dari di depan gawang. Dia bisa menanduk bola mendahului Dominik Livakovic dan mengubah skor menjadi 1-1.

Pada menit ke-19, Kroasia mengancam. Umpan silang Perisic berhasil disundul Andrej Kramaric, tetapi upayanya masih gagal menaklukkan Bounou.

Kroasia kembali mendapatkan peluang pada menit ke-24. Luka Modric melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, yang masih bisa ditepis oleh Bounou.

Duel sengit memasuki pertengahan babak pertama. Kroasia mendominasi penguasaan bola, sedangkan Maroko bermain sabar dan mencari peluang untuk melancarkan serangan balik cepat.

Maroko punya kesempatan pada menit ke-36. Youssef En-Nesyri bisa menanduk sepak pojok Ziyech, tetapi upayanya masih melebar dari gawang Kroasia.

Beberapa menit sebelum babak pertama berakhir, Kroasia justru bisa kembali memimpin pada menit ke-42.

Orsic menguasai bola di sisi kiri kotak penalti sebelum melepas tembakan melengkung yang sempat menerpa tiang sebelum masuk ke gawang Maroko.

Babak pertama berakhir dengan keunggulan 2-1 Kroasia atas Maroko.

Memasuki babak kedua, Kroasia kembali langsung memberikan serangan berbahaya. Pada menit ke-46, Mislav Orsic melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Sayangnya bola masih membentur pemain belakang Maroko.

Maroko mendapat peluang emas melalui Youssef En-Nesyri pada menit ke-70. Sayangnya tembakan dari dalam kotak penalti itu masih mampu diamankan Livakovic.

Pada menit ke-80, Kroasia berpeluang untuk memperlebar keunggulan. Sayangnya, tendangan dari dalam kotak penalti dari Mateo Kovacic masih melebar di sisi kanan gawang Yassine Bounou.

Youssef En-Nesyri kembali mendapatkan peluang emas pada menit ke-95. Namun, sundulannya masih melambung di atas gawang Kroasia.

Hingga laga berakhir, skor 2-1 untuk keunggulan Kroasia tidak berubah. Alhasil, Kroasia pun berhasil keluar sebagai juara ketiga di Piala Dunia 2022.(JPG)

Editor:adli-pkl