25 radar bogor

Preview Kroasia vs Maroko: Berburu Sejarah di Khalifa

Piala Dunia 2022
Kroasia akan menghadapi Maroko pada perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2022, Sabtu (17/12/2022) malam.

BOGOR-RADAR BOGOR, Dua tim kejutan, Kroasia dan Maroko, hampir menjadi negara baru yang menjuarai Piala Dunia jika tak tersandung di semifinal. Kroasia kalah 0-3 dari Argentina, sementara Maroko kalah 0-2 dari Prancis.

Kini, Kroasia dan Maroko berkesempatan pulang ke negerinya masing-masing dengan predikat tempat ketiga Piala Dunia 2022. Terutama bagi Maroko, bakal menjadi pencapaian besar dan sejarah baru.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022 Kroasia vs Maroko, Berebut Tempat Ketiga

Tidak saja bagi mereka, namun juga Afrika dan dunia Arab. Andai mampu mengalahkan Kroasia, Maroko bakal menjadi negara Afrika dan dunia Arab pertama yang mampu menempati peringkat ketiga di Piala Dunia.

Sebelumnya, Maroko telah menorehkan sejarah baru ketika pasukan asuhan Walid Regragui itu menjadi negara Afrika pertama yang mencapai empat besar Piala Dunia.

Kalah atau menang dalam pertandingan perebutan tempat ketiga tak akan mengubah status tim Maroko sebagai pahlawan untuk negaranya. Mereka akan tetap dihormati dan disanjung oleh Afrika dan dunia Arab, selain juga mereka yang jatuh hati kepada perjalanan bak dongeng mereka dalam turnamen di Qatar ini.

Kroasia dan Maroko akan kembali berhadapan di Stadion Internasional Khalifa, Sabtu (17/12) malam WIB, setelah imbang 0-0 ketika duel di fase grup. Ya, di Piala Dunia 2022 ini, Maroko dan Kroasia berada di grup yang sama.

“Saya akan memberikan kesempatan kepada mereka yang tidak pernah dimainkan dan kami akan berusaha merebut tempat ketiga,” kata Regragui seperti dikutip Reuters.

“Yang utama kami menyajikan penampilan yang bagus untuk tim kami dan sepak bola di Maroko tidak jauh dari level teratas,” imbuh Regragui.

Sementara bagi Kroasia yang merupakan runner-up Piala Dunia 2018, kegagalan mencapai final kedua berturut-turut tak terlalu disesali.

Kerja keras dan kegigihan mereka sehingga menang adu penalti atas Jepang dan Brasil membuat mereka dipertemukan dengan Argentina dalam semifinal. Hanya saja, Lionel Messi cs sedang dalam performa terbaiknya dan gagal mengulang hasil di fase grup Piala Dunia 2018.

“Realistis saja, sebelum turnamen ini dimulai, kami semua sudah cukup puas bisa mencapai semifinal. Namun, kemudian kami malah memimpikan meraih trofi,” kata salah satu pemain Kroasia, Lovro Majer.

“Kami akan memberikan semua yang kami miliki dengan berusaha memenangkan peringkat ketiga,” imbuhnya.

Bagi generasi emas Kroasia, ini menjadi kesempatan lain untuk pulang membawa medali. Terlebih, pelatih Zlatko Dalic memastikan sebagian besar dari mereka tak akan bermain dalam Piala Dunia berikutnya.

Baca Juga: Kroasia Raih Kemenangan Penting, Kanada Angkat Koper

“Kami harus bersiap bertarung memperebutkan tempat ketiga. Kami harus bangkit dan berusaha memenangkan medali perunggu,” kata Dalic.

Kroasia sudah pernah bermain di perebutan tempat ketiga pada Piala Dunia 1998. Kala itu, mereka mampu mengalahkan Belanda.(jawapos)

 

Rekor Pertemuan di Piala Dunia
Maroko 0-0 Kroasia (Fase grup Piala Dunia 2022)

Perkiraan Susunan Pemain

Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic; Josip Juranovic, Josip Sutalo, Dejan Lovren, Borna Sosa; Luka Modric, Mateo Kovacic, Kristijan Jakic; Nikola Vlasic, Bruno Petkovic, Ivan Perisic
Pelatih: Zlatko Dalic

Maroko (4-3-3): Yassine Bono; Achraf Hakimi, Achraf Dari, Jawad El-Yamiq, Yahia Attiyat-Allah; Azzedine Ounahi, Sofyan Amrabat, Selim Amallah; Hakim Ziyech, Youssef En-Nesyri, Sofiane Boufal
Pelatih: Walid Regragui