25 radar bogor

Perpustakaan Kota Bogor Diresmikan, Bima Siapkan Galeri Wali Kota

Wali Kota Bogor Bima Arya berjalan-jalan usai meresmikan gedung anyar Perpustakaan di Jalan Kapten Muslihat, Sabtu (17/12). (Radar Bogor/ Dede Supriadi)

BOGOR-RADAR BOGOR, Gedung Perpustakaan Daerah Kota Bogor telah diresmikan, Sabtu (17/12). Wali Kota Bogor meresmikan langsung gedung yang berada di Jalan Kapten Muslihat itu.

Bima mengatakan, proyek yang merupakan salah satu program prioritas itu menjadi kado bagi warga Kota Bogor, bertepatan momen dirinya berulang tahun ke-50.

Baca Juga: Datangi Proyek Gedung Perpustakaan, Bima Arya Minta Koleksi Buku Perpusda Kota Bogor Ditambah

Selama dua tahun pembangunan, revitalisasi eks gedung DPRD itu telah menghabiskan anggaran sebesar Rp23,6 miliar. Tahap pertama sebesar Rp13,6 miliar dan tahap kedua sebesar Rp10 miliar.

“Membaca itu bermimpi dengan mata terbuka. Membaca itu berlari dengan segenap jiwa. Buku adalah jembatan menuju impian. Perpustakaan adalah sumber peradaban,” kata Bima.

Menurut dia, gedung perpustakaan yang baru itu merupakan ikhtiar agar anak-anak muda bisa belajar dari masa lalu, untuk menjemput masa depan. Selain itu, perpustakaan dinilainya menjadi tempat merajut cita-cita dengan saling belajar.

“Saya berharap perpustakaan ini adalah tempat yang digerakkan oleh komunitas. Silakan teman-teman sekalian komunitas kota Bogor inilah rumah kalian semua,” ucap dia.

Namun, Perpustakaan Kota Bogor belum selesai dan akan terus berkembang ke depannya. Bima menyebutkan, kelengkapannya baru mencapai 60 persen. Masih akan menyusul fasilitas lain.

“Insyaallah saya 12 bulan terakhir akan banyak berkantor di gedung ini (Perpusda) di lantai atas,” imbuhnya.

Lanjut dia, hal itu untuk memastikan kepala dinas bekerja semaksimal mungkin menbuat rumah perpustakaan ini menjadi rumah bagi semua komunitas.

Baca Juga: Program Transformasi Perpustakaan Sejahterakan Masyarakat, Ini Buktinya

Tak hanya itu, perpustakaan juga bakal menghadirkan Galeri Kota Bogor yang diresmikan, tahun depan. Isinya berkisar sejarah wali kota dari masa ke masa. Bima meyakini, galeri itu akan menjadi yang pertama di Kota Bogor.

“Setiap masa ada pempinnya, setiap pemimpin ada dinamika dan prestasi. Mari kita belajar dari dinamika pemimpin kita sebelumnya sehingga bisa menghadapi Kota Bogor seperti sekarang ini. Saya ingin sekali anak-anak muda datang ke sini belajar,” tekannya. (*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto