25 radar bogor

Final Argentina vs Prancis, Dua Rekan Setim Berburu Triple Gelar

Argentina vs Prancis
Final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis Minggu (18/12/2022) malam akan mempertemukan dua rekan setim di PSG, Messi dan Mbappe.

QATAR-RADAR BOGOR, Prancis bakal menghadapi Argentina dalam laga final Piala Dunia 2022,  Minggu (18/12/2022) malam WIB di Stadion Ikonik Lusail.

Baca Juga : Jadwal Piala Dunia 2022 Kroasia vs Maroko, Berebut Tempat Ketiga

Sorotan tentu saja langsung mengarah kepada ikon masing-masing tim. Megabintang Argentina Lionel Messi dan andalan Prancis Kylian Mbappe. Bentrokan mereka berdua layak dilabeli M2M.

Boleh dibilang, selama 15 tahun terakhir, La Pulga alias Si Kutu (julukan Messi) selalu berada di puncak. Di Qatar, kali ini dia akan menjalani piala dunia pemungkas. Sebaliknya, Mbappe yang pada 20 Desember mendatang genap berusia 24 tahun, baru menapak karier cemerlangnya dalam empat tahun terakhir.

Tetapi, Donatello –julukan Mbappe– bisa dibilang sudah mengungguli Messi lantaran sudah pernah juara di Rusia empat tahun lalu. Kini, dia membidik back-to-back juara. Bandingkan dengan Messi yang sudah tampil di empat piala dunia, tapi belum sekali pun meraih gelar.

Final kali ini yang kedua baginya setelah jadi runner-up edisi 2014. Kala itu Albiceleste ditundukkan Jerman di partai puncak. ”Messi tampil gemilang sejak awal (Piala Dunia kali ini, Red). Empat tahun lalu semuanya berbeda. Dia bermain sebagai striker. Sekarang sebagai salah satu dari dua striker atau tepat di belakang striker,” jelas Didier Deschamps, pelatih Prancis, seperti dikutip dari Associated Press.

Messi dan Mbappe saat ini telah mengoleksi lima gol. Artinya, mereka berdua bisa memenangi piala dunia dan Golden Boot (top scorer) sekalian berujung Golden Ball (pemain terbaik). Triple gelar.

Kebetulan pula keduanya bergabung di klub yang sama, Paris Saint-German (PSG). Sama seperti ketika Mbappe harus berduel dengan sahabatnya di klub tersebut, Achraf Hakimi, di semifinal kemarin dini hari WIB.

Baca Juga : Messi Tegaskan Final Qatar 2022 jadi Laga Terakhirnya di Piala Dunia

Lebih jauh, duel Argentina kontra Prancis juga menjadi adu gengsi kontingen Amerika Latin dan Eropa. Secara keseluruhan, di 10 pertemuan final piala dunia antara Amerika Latin dan Eropa, 7 kemenangan dikoleksi wakil Amerika Latin.

Jika menang, Prancis tak cuma akan menipiskan perbedaan jumlah kemenangan di antara dua adidaya sepak bola dunia tersebut. Tapi, sekaligus jadi tim pertama yang bisa back-to-back juara piala dunia setelah Brasil melakukannya pada 1958 dan 1962. (jpg)

Editor : Yosep