25 radar bogor

Pengurus BMPS Kota Bogor Dilantik, Kebut Peningkatan Kualitas Pendidikan

Pelantikan BMPS Kota Bogor periode 2022-2027 resmi dilantik di Balai Kota. (Dok. BMPS)

BOGOR-RADAR BOGOR, Pengurus Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kota Bogor resmi dilantik di Balai Kota, Rabu (14/12). Kepengurusan masa bakti 2022-2027 itu memberikan aura baru bagi program-program pendidikan ke depannya.

Sebanyak 38 pengurus BMPS Kota Bogor yang dilantik meliputi 5 Pengawas dan 33 Pengurus Harian. Pelantikan dilanjutkan dengan Raker untuk menyusun rencana kerja tahunan sekaligus merumuskan langkah perjuangan lima tahun ke depan.

Baca Juga: Disdik Ancam Sanksi Penyedia Jasa Rehab Sekolah, Ini Penyebabnya

Ketua BMPS Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat menyatakan, BMPS telah banyak membantu pemerintah dalam penyelenggaraan pendidikan. Meski begitu, ia juga mengingatkan penyelenggara swasta untuk tidak hanya mengejar kuantitas tapi juga kualitas pendidikan yang menjadi tujuan utama.

Ia mencontohkan dari 17 ribu lulusan SD, siswa yang mampu ditampung SMP negeri hanya sekira 6 ribu siswa. Sekolah swasta menjadi katup pengamannya.

“Sekolah negeri perlu kembali ke jati dirinya, menerima siswa sesuai ketentuan tidak melebihi kapasitas yang ada,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua BMPS Wilayah Jawa Barat Bambang Sutrisno mengungkapkan, siapa pun yang berkiprah di BMPS butuh keikhlasan dan pengorbanan baik pemikiran bahkan materi.  Ia juga menyatakan betapa pemerintah harus berterima kasih kepada sekolah swasta.

“Di Jawa Barat, untuk pendidikan menengah negeri hanya sekitar 12 persen dari sekolah yang ada. Sisanya SMA atau SMK swasta. Sementara, SMP negeri hanya sekitar 30 persen, sisanya swasta. Hanya di SD negeri yang mencapai 85 persen, sisanya sekolah swasta,” paparnya.

Namun l, Bambang juga mengingatkan agar sejak awal niat mendirikan sekolah swasta adalah untuk bisa mandiri dan tidak bergantung pada pemerintah. Meskipun UU Sisdiknas telah jelas menyatakan pemerintah wajib membantu sekolah swasta.

Baca Juga: Mantap Inovasi Pendidikan Vokasi Siapkan SDM Untuk Kendaraan

Hadir dalam kesempatan pelantikan unsur birokrat yaitu dari Kadisdik, DP3A, Kemenag Kota Bogor. Sementara dari legislatif diwakili Komisi 4 Bidang Pendidikan. Sementara dari organisasi mitra hadir Ketua PGRI, Dewan Pendidikan Kota Bogor Gabungan Organisasi Wanita, BMPS Kabupaten Bogor, BMPS Kota Depok, dan para Ketua Yayasan Penyelenggara Pendidikan Swasta di Kota Bogor.(*/rls)

Editor: Imam Rahmanto